Berbagai Peralatan yang Dibutuhkan Pemakai Kawat Gigi

Ilustrasi kawat gigi atau behel.
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta
- Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan menggunakan kawat gigi atau tidak. Dokter ortodontis pun tidak akan sembarangan menyarankan penggunaan kawat gigi, misalnya hanya demi gaya hidup.

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

"Dokter ortodontis biasanya akan meminta komitmen pasien untuk bertanggung jawab menjaga kesehatan dan kebersihan giginya (jika memakai kawat)," kata pengurus Ikatan Ortodontis Indonesia, Komda Jaya, drg. Dwi Anie Lestari, Sp.Ort, ditemui dalam acara peluncuran Formula Orthodontic di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Senin, 14 Desember 2015.
Empat Hal Pemicu Infeksi Jamur di Area Kewanitaan


Bagi yang berkomitmen menggunakan kawat gigi, banyak atribut yang diperlukan untuk menjaga kebersihan gigi. Mulai dari sikat gigi dengan bentuk bulu khusus, pasta gigi khusus, dental floss, hingga lapisan lilin yang biasanya digunakan, untuk melapisi bagian braket yang tajam saat sariawan.


Untuk pasta gigi, pilihlah pasta gigi dengan kandungan bisabolol, kandungan ini berfungsi untuk mencegah radang gusi yang mungkin timbul akibat pemakaian kawat gigi.


"Di samping itu, gunakan pasta gigi yang mengandung sodium hyaluronate, zat ini digunakan dokter gigi untuk membantu meredakan rasa sakit, setelah pemasangan kawat," kata Pudji Astuti, Research and Innovation Manager dari Formula.


Sedangkan untuk sikat gigi, biasanya pengguna kawat gigi akan menggunakan lebih dari satu macam sikat gigi, satu dengan bulu sikat V-cut bulu ekstra lembut, satu lagi berbentuk seperti sikat botol yang bisa masuk di antara braket. (ase)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya