Solusi Buat Orang yang Mabuk Darat, Laut, dan Udara

Pria migrain.
Sumber :
  • pixabay

VIVA.co.id - Pernahkah Anda bertanya-tanya, kenapa ada orang yang mabuk laut, mabuk udara, bahkan masuk di perjalanan darat?

Tips Jitu Agar Tak Mabuk dalam Perjalanan

Padahal, orang-orang yang lain biasa saja naik moda transportasi itu. Namun ada saja orang yang pusing bahkan muntah saat naik kendaraan tersebut. Kalau dilihat dari sisi medis, sebenarnya apa yang menyebabkan orang mabuk perjalanan?

Dokter Deffy Leksani dari laman Meetdoctor menjelaskan, mabuk perjalanan terjadi karena otak menerima informasi berbeda dari mata, telinga (bagian keseimbangan) dan sistem proprioseptif (sistem yang memproses informasi dari otak dan sendi tubuh tentang posisi dan gerak tubuh).

“Misalnya saat kita membaca dalam mobil yang bergerak. Mata menginformasikan tentang apa yang dilihat dan secara bersamaan telinga (bagian keseimbangan) dan sistem proprioseptif menginformasikan tentang posisi tubuh saat itu. Informasi berbeda yang disampaikan ke otak inilah yang menyebabkan terjadi mabuk perjalanan,” ujar Deffy.

Penyebab lainnya adalah karena kurangnya ventilasi udara, rasa takut atau cemas berlebih. Kurang asupan makanan, konsumsi alkohol, faktor keturunan dan kehamilan. Gejala mabuk perjalanan sendiri berupa mual, pucat, berekeringat dingin, pusing, sakit kepala, rasa lemah.

Berikut beberapa tips untuk mencegah mabuk perjalanan :

- Cukup makan dan minum sebelum melakukan perjalanan.

- Siapkan makan dan minuman tertentu. Jauhkan makanan dan bau-bauan  yang menimbulkan rasa mual seperti makanan pedas, asam, tinggi lemak atau alkohol.

- Memilih tempat duduk dengan gerakan sedikit. Duduk pada bagian depan, tidak menghadap ke bagian belakang mobil atau bagian kabin yang dekat dekat dengan pusat kapal. Atau bagian tengah dekat sayap jika menggunakan pesawat.

- Jangan membaca atau main game dalam perjalanan.

- Jika diperlukan, buka kaca mobil untuk mendapat udara segar.

- Menghindari orang yang juga mabuk perjalanan. Terkadang mendengar pembicaraan tentang mabuk atau melihat orang yang mengalami mabuk perjalanan, membuat Anda mengalami hal sama.

- Minum obat anti mabuk perjalanan 30 – 60 menit sebelum perjalanan. Namun salah satu efek samping penggunaan obat ini adalah ngantuk. (ase)

Mabuk saat di perjalanan.

4 Makanan Ini Bisa Atasi Mabuk Perjalanan, Jarang yang Tahu

Salah satunya biskuit gandum.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2016