Biasa Makan Cepat, Ini Bahayanya Bagi Kesehatan

Ilustrasi makan
Sumber :
  • pixabay
VIVA.co.id
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
- Menyantap makanan dengan cepat telah menjadi kebiasan buruk banyak orang. Kebanyakan diantara mereka tidak mengetahui bahwa terdapat dampak negatif yang serius dibalik kebiasaan tersebut.

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin
Dilansir dari Food World News, makan dengan cepat mampu mengakibatkan masalah kesehatan seperti asam lambung dan gangguan pencernaan. 

Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas
Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan tahun ini, makan cepat bahkan mampu memicu kondisi kesehatan serius seperti diabetes.

Sejumlah ahli juga mengklaim bahwa kebiasaan makan dengan cepat mampu mengakibatkan peningkatan berat badan. Itu karena orang akan melewati rasa puas mereka saat makan cepat. Hal tersebut membuat seseorang terus makan sebelum mengetahui bahwa sebenarnya mereka telah kenyang.

Untuk itu, hilangkan kebiasaan makan cepat dengan empat tips berikut ini.

Hindari melakukan hal lain saat makan

Matikan sejenak gadget Anda dan beri perhatian lebih banyak pada makanan. Rasakan cita rasa dan kelezatannya. Kombinasikan indera dan pikiran Anda saat makan. Ini akan memberikan lebih banyak kenikmatan dan Anda pun mampu menemukan cita rasa unik makanan.

Persiapkan meja makan

Luangkan waktu untuk mempersiapkan meja makan. Dengan begitu, Anda akan merasa nyaman dan memiliki suasana hati yang bagus saat makan. Tanpa disadari, Anda juga akan makan dengan perlahan untuk menikmati kenyamanan dan kenikmatan makan di meja makan.

Gunakan sumpit

Peralatan makan seperti garpu dan sendok cenderung berfungsi seperti sekop kecil yang membuat Anda mengambil terlalu banyak makanan dalam satu suapan. Untuk itu, coba gunakan sumpit sehingga porsi tiap suapan akan jauh lebih sedikit. Lama kelamaan ini akan membuat kebiasaan makan cepat yang Anda miliki berkurang.

Kunyah makanan perlahan

Tak perlu makan dengan terburu-buru. Habiskan waktu setidaknya selama 20 menit untuk mengunyah makanan. Perlu diketahui bahwa makanan yang dikunyah secara benar akan mengurangi risiko masalah kesehatan pada sistem pencernaan Anda.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya