Ini Cara Mudah Cegah Kanker di Masa Depan

Ilustrasi olahraga sepeda.
Sumber :
  • REUTERS/David W Cerny
VIVA.co.id
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
- Belakangan, semakin banyak masyarakat dunia menderita kanker. Gaya hidup yang buruk, mengonsumsi makanan tak sehat dan berpengawet, ternyata jadi salah satu pemicu, mudahnya seseorang mengidap kanker.

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin

Tapi, Anda butuh tahu, sesungguhnya, penyakit mematikan ini bisa dicegah. Caranya sangat mudah, yakni hanya melakukan perubahan gaya hidup ke arah lebih sehat. Ini ternyata sangat membantu tubuh untuk melawan kanker.
Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas


Penelitian telah menunjukkan bahwa gaya hidup sehat bisa mencegah risiko kanker. Berikut tips sederhana, mencegah kanker.


Makan sehat

Rutin olahraga dan diet yang sehat dapat membantu mencegah kanker, penelitian telah menunjukkan.


Data dari World Cancer Research Fund menunjukkan bahwa sekitar sepertiga dari kasus kanker di Inggris dapat dicegah dengan mengubah gaya hidup sederhana . Dari 351.000 kasus baru kanker di Inggris pada 2013, WCRF melaporkan bahwa 84.000 bisa dicegah.


Dr Rachel Thompson, kepala penelitian, mengatakan bahwa perubahan sederhana untuk diet dan gaya hidup dapat membuat perbedaan besar dalam memerangi penyakit.


"Bahkan penyesuaian kecil, seperti melakukan aktivitas fisik ekstra 10 sampai 15 menit setiap hari, mengurangi konsumsi alkohol, atau membatasi asupan makanan berkalori tinggi dan minuman manis, akan membantu mengurangi risiko kanker," kata Thompson seperti dilansir Female First.


Thompson juga mengatakan bahwa faktor yang paling penting dalam mengurangi risiko kanker, temasuk juga berhenti merokok dan menjaga berat badan yang sehat. Perlu diketahui, obesitas bisa meningkatkan risiko kanker 10 kali lipat.


Diet sehat, olahraga teratur dan mengurangi konsumsi alkohol, semua aktivitas hidup sehat sederhana itu bisa jadi bantuan dalam mencegah berbagai penyakit kanker, termasuk kanker prostat, payudara, ginjal dan kanker pankreas.


Prof Kevin Fenton, direktur kesehatan dan kesejahteraan di Pusat Kesehatan Masyarakat Inggris, mengatakan bahwa meskipun hubungan antara gaya hidup sehat dan risiko mengembangkan kanker terkenal di kalangan dokter, pencegahan kanker bukanlah faktor utama dalam kesadaran publik di Inggris.


"Hubungan antara tembakau dan kanker diketahui secara luas dan mudah diterima oleh masyarakat, tetapi banyak yang belum sepenuhnya yakin bahwa makan sehat, olahraga teratur dan tidak minum alkohol, dapat menurunkan risiko kanker Anda," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya