Waspada, Kesepian Bisa Sebabkan Kematian

Wanita kesepian
Sumber :

VIVA.co.id - Tak memiliki pasangan atau tidak memiliki teman, terbiasa sendiri dan kesepian ternyata bisa menjadi penyebab kematian dan dianggap sama berbahayanya dengan penyakit jantung, stroke dan kanker.

Ilmuwan dari Universitas North Carolina (UNC) menguji hubungan antara kesepian dengan kesehatan pada setiap tingkat usia. Mereka menemukan, lemahnya hubungan di usia muda bisa meningkatkan risiko peradangan, setara dengan kurang melakukan olahraga.

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin

Hipertensi pada usia lanjut, seperti dilansir dari Daily Mail, lebih sering terjadi akibat kesepian daripada faktor klinis lain, termasuk diabetes. Sementara orang dengan dukungan dari orang yang dicintai memiliki harapan hidup lebih panjang, dan kondisi tubuh lebih sehat.

Dr Kathleen Mullan Harris dari UNC mengatakan, penemuan tersebut penting untuk mendorong remaja dan orang dewasa membangun hubungan sosial dan kemampuan berinteraksi dengan orang lain. "Ini sama artinya dengan meminta mereka untuk mengonsumsi makanan sehat dan aktif secara fisik," katanya.

Satu dari empat penelitian menemukan bahwa memiliki dasar hubungan sosial yang kuat di awal usia akan mengurangi hingga 54 persen kemungkinan terjadinya hipertensi di kemudian hari.

Dr Yang Claire Yang dari Pusat Kanker UNC Lineberger Comprehensive menambahkan, pihaknya mempelajari interaksi antara hubungan sosial, faktor perilaku dan disregulasi fisiologis dari waktu ke waktu terhadap munculnya penyakit kronis, dan kanker adalah salah satu yang menonjol.

"Analisis kami sangat jelas, dokter dan petugas kesehatan lainnya harus melipatgandakan upaya mereka untuk membantu masyarakat memahami betapa pentingnya hubungan sosial yang kuat terhadap usia kita," ujarnya.

Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas

(mus)

Ilustrasi pelayanan medis.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Baik berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016