Efek Buruk Kopi Ketika Dikonsumsi Anak

Ilustrasi kopi.
Sumber :
  • REUTERS/Jason Reed
VIVA.co.id
Penghafal Alquran Gratis Minum Kopi di Kedai Ini
- Kopi dapat menghambat kesehatan anak Anda. Dengan demikian, kopi seharusnya tidak diperkenalkan kepada mereka, karena memiliki efek buruk bagi tubuh. 

Tips Dapatkan Kopi Berkualitas Sesuai Selera
Minum kopi pada usia dini menghambat sistem saraf pusat pada anak-anak Anda. Selain itu, anak yang minum kopi atau minuman yang mengandung kafein sejak dini juga bisa menderita insomnia dan menurunkan kosentrasinya. 

Toleransi Tubuh Terhadap Kafein yang Berasal dari Kopi
Berikut efek buruk kopi ketika dikonsumsi pada anak, seperti dilansir laman Boldsky.

Insomnia

Kopi adalah stimulan yang membantu untuk menjaga tubuh agar tetap aktif dan energik. Namun, anak-anak yang kecanduan kopi dapat menghadapi kesulitan tidur. Ini adalah salah satu efek ketika anak-anak diberikan kopi sejak dini.

Gigi

Anak-anak yang mengonsumsi kopi lebih rentan terhadap gigi berlubang. Zat asam alami yang terkandung dalam kopi dapat merusak enamel gigi dan meningkatkan risiko kerusakan gigi pada anak-anak.

Tulang keropos

Kopi dapat meningkatkan keinginan untuk sering buang air kecil. Kelebihan buang air kecil dapat menyebabkan dehidrasi dan dapat mengakibatkan ekskresi kalsium dari tubuh sehingga menyebabkan tulang keropos.

Mengurangi nafsu makan

Pada usia anak-anak tubuh membutuhkan makanan yang bergizi seperti kaya akan vitamin dan mineral, penurunan nafsu makan dapat membuat tubuh mereka menjadi kurang mendapat asupan yang sehat bagi tubuhnya. 

Kesulitan dalam berkonsentrasi

Anak-anak yang mengonsumsi banyak kopi dapat menghadapi kesulitan dalam berkonsentrasi pada kegiatan sehari-harinya. Karena kopi adalah stimulan, mereka bisa menderita gelisah, cepat marah, hipertensi dan hiperaktif.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya