Alasan Wanita dan Anak Rentan Mengidap Infeksi Saluran Kemih

Ibu dan anak.
Ibu dan anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Bagi Anda yang terbiasa menahan buang air kecil, sebaiknya segera berhenti melakukannya. Pasalnya, bahaya yang mengintai dibalik kebiasaan tersebut tidak main-main, yakni penyakit ginjal kronik.

Ya, kebiasaan menahan buang air kecil awalnya akan menimbulkan infeksi saluran kemih, di mana bisa menjadi salah satu penyebab penyakit ginjal kronik. 
 
"Menahan kencing akan membuat terjadinya pelebaran pada kandung kemih, artinya ada sumbatan yang seharusnya dikeluarkan, justru tidak dikeluarkan," ujar Dokter Ahli Ginjal Anak FKUI RSCM, DR. dr Sudung O Pardede Sp.A (K), dalam acara bertajuk Peringatan Hari Ginjal Sedunia 2016, di Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 10 Maret  2016.
 
Sudung menjelaskan bahwa dalam hal ini, jumlah wanita yang terkena infeksi saluran kemih jauh lebih banyak daripada pria. 
 
"Perempuan lebih mudah terkena infeksi saluran kemih daripada pria. Kalau pria kan panjang, sedangkan perempuan kan dekat dengan lubang kotoran. Dan infeksi itu biasanya berasal dari kotoran," kata dia.
 
Namun, dibandingkan wanita, jumlah anak yang menderita infeksi saluran kemih juga jauh lebih tinggi.
 
"Bayangkan bagaimana dengan anak-anak yang menggunakan popok. Kotoran buang air besar disitu, bercampur dengan pipis, makanya anak lebih banyak yang terkena infeksi saluran kemih," ujar Sudung.