Studi: Konsumsi Roti Tingkatkan Risiko Kanker Paru-paru

Ilustrasi paru-paru
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Belum lama ini sebuah studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi meningkatkan risiko seseorang mengidap kanker paru-paru. Penyakit tersebut, merupakan kanker kedua yang paling banyak diderita pria dan wanita di seluruh dunia.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
Dilansir dari Food World News, orang yang sehari-hari banyak mengonsumsi roti putih, bagel, nasi, dan berbagai makanan lain dengan indeks glikemik tinggi meningkatkan risiko kanker paru-paru sebanyak 49 persen, menurut studi tersebut.
 
Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin
"Kami mengobservasi, 49 persen peningkatan risiko kanker paru-paru di antara subyek dengan asupan makanan sehari-hari yang mengandung indeks glikemik tertinggi dibandingkan dengan yang terendah," ujar Dr Stephanie Melkonian ketua peneliti studi dari University of Texas MD Anderson Cancer Center.
 
Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas
Peneliti juga menemukan bahwa orang yang asupan makanan sehari-harinya mengandung indeks glikemik tertinggi memiliki 92 persen risiko mengembangkan sel karsinoma di paru-paru yang lebih tinggi.
 
Peneliti menduga, itu karena asupan makanan dengan indeks glikemik tinggi mampu mempromosikan perturbasi di faktor perkembangan layaknya insulin.
 
Indeks glikemik sendiri digunakan untuk menilai makanan berdasarkan bagaimana mereka memengaruhi kadar gula darah di tubuh. Skalanya mulai dari satu hingga 100, di mana 70 sampai 100 dianggap tinggi dan nol hingga 55 dianggap memiliki indeks glikemik rendah. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya