Imunisasi Polio, Dua Provinsi Masih Perlu Dukungan

Vaksin bayi
Sumber :
  • inmagine

VIVA.co.id - Pekan Imunisasi Nasional atau PIN sukses dilaksanakan sejak 8-15 Maret 2016, kecuali Bali, yang melakukan PIN susulan, karena terbentur hari raya Nyepi.

"Kita telah berhasil melaksanakan Pekan Imunisasi Polio. Dua puluh provinsi mencapai 95 persen, dan 11 provinsi capai 80 hingga 95 persen atau sudah melebihi target," ujar Menteri Kesehatan RI, Nila F. Moeloek saat pembukaan Rapat Kerja (Raker) Kesehatan Nasional tahun 2016 di Jakarta, Kamis, 31 Maret 2016.

Sementara dua provinsi, menurut dia, masih memerlukan dukungan, dengan melibatkan sektor lain. Dua provinsi ini, yakni Papua dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Pelaksanaan PIN di kedua daerah tersebut masih di bawah 80 persen.

"Kami mengharapkan daerah dengan capaian di bawah 80 persen agar terus melanjutkan upaya lintas sektor hingga 3 April 2016. Sementara, daerah dengan capaian 80 hingga 95 persen agar melakukan validasi data," ujarnya menambahkan.

Sedangkan penggantian vaksin polio oral atau OPV menjadi IPV akan dimulai 4 April 2016.

Selain menyampaikan tentang keberhasilan program PIN, Menkes juga menyampaikan keberhasilan pemerintah dalam mengurangi jumlah balita stunting atau bertubuh pendek, serta menekan angka kematian pada ibu dan bayi.

Kenali Kesehatan Suami Saat Kehamilan Istri

(mus)

Heboh Bayi Diduga Disandera, Ini Cerita Sebenarnya

Ibu bayi meminjam uang untuk biaya persalinan.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016