Bunda, Ketahui Pentingnya Stimulus Multisensori pada Bayi

Ibu dan bayi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Memberi sentuhan atau rabaan merupakan indra yang paling besar dan penting bagi kehidupan manusia. Indra peraba merupakan indra pertama yang berkembang dan penting pada setiap fase kehidupan.

Anak-anak yang mendapat kasih sayang dan kehangatan dari ibunya dalam bentuk fisik cenderung memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat. Sebaliknya, kekurangan sentuhan dapat menurunkan tingkat neuroendocrine, yakni suatu unsur yang sangat penting bagi kesehatan.

Tidak hanya itu, sentuhan yang positif  mampu mengembangkan sistem syaraf bayi. Hal ini membuktikan bahwa bayi yang sering ditimang memiliki oksigenasi dalam pertumbuhan sel-sel otaknya.

"Para orang tua perlu menjadikan ritual stimulasi multisensori pada bayi, seperti pemijatan dan waktu mandi. Ritual tersebut dapat meningkatkan kemampuan bayi dalam belajar, berpikir, menyayangi dan tumbuh," kata dr. Ivan Rizal Sini, SpOG, Presiden Komisaris Bundamedik Healthcare System saat ditemui pada acara MOU Signing Johnson & Johnson dengan Bundamedik Healthcare di Jakarta Pusat, Senin, 4 April 2016.

Dia menambahkan bahwa yang kurang mendapat rangsangan tersebut kerap mengalami pertumbuhan lambat. Sebab sentuhan orang tua pada bayi merupakan bentuk komunikasi yang penting serta dapat meningkatkan ikatan batin antara orang tua dan bayi serta merangsang pertumbuhan sosial dini.

Kenali Kesehatan Suami Saat Kehamilan Istri

Heboh Bayi Diduga Disandera, Ini Cerita Sebenarnya

Ibu bayi meminjam uang untuk biaya persalinan.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016