Pentingnya Deteksi Diabetes Sejak Dini

Ilustrasi cek kolesterol
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Indonesia menempati peringkat ke-7 sebagai negara dengan penderita diabetes terbanyak di dunia berdasarkan International Diabetes World Atlas 2015. Berdasarkan Surveilans Penyebab Kematian Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, diabetes termasuk dalam tiga penyakit utama kematian selain hipertensi dan penyakit kardiovaskular.

Alasan Jakarta di Bawah Ahok Kalah dari Pemda Kulon Progo

Direktur Pencegahan & Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI, dr. Lily Sulistyowati, MM menekankan pentingnya deteksi dini diabetes bagi setiap orang.

"Diabetes termasuk penyakit silent killer, tidak bisa dirasakan. Jika diketahui sejak dini, maka dengan satu obat saja sudah bisa menjalani hidup normal seperti orang lain," kata Lily ketika ditemui di acara pembukaan program Deteksi Dini Diabetes di Pasar Mayestik, Rabu, 20 April 2016.

Punya Pemimpin Populer, Jakarta Gagal Raih Pemda Terbaik

Oleh karena itu, untuk memfasilitasi masyarakat melakukan deteksi dini tersebut, Kementerian Kesehatan RI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Nutrifood Indonesia mengadakan program Jakarta Lawan Diabetes dengan tema Cegah, Obati, Lawan Diabetes.

Deteksi dini diabetes dapat dilakukan secara gratis di 25 pasar tradisional binaan PD Pasar Jaya di 5 wilayah DKI Jakarta. Kegiatan ini akan berlangsung mulai 25 April hingga 30 Mei 2016 dari pukul 07.00 WIB hingga selesai.

Wapres: Pemda Jangan Hanya Getol Bangun Kantor

Lily berharap dengan adanya program ini, masyarakat mau memeriksakan kesehatannya dan diabetes dapat diatasi lebih cepat.

"Dengan adanya pemeriksaan dini ini diharapkan masyarakat mau secara sadar memeriksakan kesehatannya," ujar Lily.

Gubernur DKI Jakarta,  Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Gapensi Minta Ahok Buktikan Soal Kontraktor Abal-abal

Wadah berhimpunnya para kontraktor mengecam keras pernyataan Ahok.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2016