Apakah Cuci Darah Bisa Sembuhkan Ginjal?

Ilustrasi ginjal.
Sumber :
  • kidney.org

VIVA.co.id – Ginjal sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda. Selain membersihkan darah, ginjal juga berfungsi menjaga jumlah yang tepat dari mineral di dalamnya. Demikian penjelasan dr. Setiyo dari Meetdoctor.

Cara Mudah Mendapatkan Informasi untuk Kesehatan Ginjal

Ia mengatakan bahwa ginjal memastikan ada jumlah cairan yang tepat di dalam tubuh. Selain itu, ginjal juga membantu menjaga tekanan darah tetap normal, memproduksi sel-sel darah merah dan menjaga tulang yang kuat.

Nah, ketika organ ini mengalami kerusakan, maka dampak yang dirasakan akan sangat buruk bagi penderitanya. Orang yang ginjalnya sudah rusak atau mengalami gagal ginjal harus melakukan cuci darah secara rutin. Dengan begitu maka fungsi ginjalnya akan terlihat sama seperti orang sehat.

Sering Konsumsi Minuman Manis Picu Ginjal Rusak, Kok Bisa?

Lalu, apakah orang yang melakukan cuci darah harus dilakukannya seumur hidup dan tak akan sembuh?

"Ginjal berfungsi mencuci darah. Pada orang yang cuci darah, proses pencucian dilakukan dengan alat, dan hasilnya akan sama seperti orang dengan ginjal yang sehat. Dan itu dilakukan seumur hidup.
Ginjal yang sudah rusak tidak akan bisa kembali seperti semula," ujar dr. Setiyo.

Ahli: 90 Persen Penderita Ginjal Tak Paham dengan Penyakitnya

Ia juga menambahkan bahwa jika seseorang terlambat mencuci darah, maka akibatnya darah akan kotor dan banyak racun yang tidak tercuci beredar dalam darah. Racun-racun tersebut pun akan mengalir ke seluruh tubuh, seperti jantung, otak, hati, dan lain-lain. Hal ini pun lama kelamaan akan merusak seluruh organ tubuh.

Untuk menghindari kerusakan ginjal, Anda wajib menjaga kesehatannya sejak dini. Yang dapat dilakukan antara lain rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, banyak minum air, menjauhi rokok dan tidak sembarangan mengonsumsi obat.

“Tidak bisa dipungkiri, ginjal memegang peranan penting dalam kehidupan Anda. Selama ia mampu, ginjal akan selalu memberikan yang terbaik bagi pemiliknya. Untuk itu rawat dan jagalah kesehatan ginjal seumur hidup Anda,” ujar dr. Setiyo.

(ren)

.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya