Bahaya Produk Kecantikan bagi Kesuburan

Ilustrasi cat kuku
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Banyak wanita dan pria saat ini menderita masalah kesuburan. Mengesampingkan alasan lain di balik masalah ini, racun lingkungan juga bisa menjadi alasan. Studi tertentu menunjukkan bahwa zat-zat tertentu dalam kosmetik dan produk kecantikan juga dapat membahayakan kesuburan pada wanita.

Enam Bahan Pewarna Rambut Alami Tanpa Efek Samping

Banyak orang mengetahui bahwa bahan kimia tertentu dalam makanan dan wadah makanan menyebabkan masalah kesuburan. Dengan hal yang sama, produk kecantikan yang mengandung bahan kimia berbahaya juga dapat memengaruhi kesuburan Anda. Berikut beberapa produk kecantikan yang bisa mengganggu kesuburan, seperti dilansir laman Boldsky.

Cat kuku

Terpopuler: Kata CEO Starbucks Soal Agnez Mo Dikecam, Gaya Busana BCL Ramai Dikritik

Bahan kimia tertentu yang terkandung dalam cat kuku seperti benzene dan toluene dapat memengaruhi siklus bulanan wanita. Selain itu, meningkatkan risiko keguguran pada wanita.

Pewarna rambut

Lupa Jalan ke Hotel, Jemaah Bisa Minta Bantuan Petugas Haji di Masjid Nabawi

Beberapa produk kecantikan seperti pewarna rambut yang mengandung timbal, bisa mempengaruhi kesuburan pada wanita.

Produk kecantikan lainnya

Bahan kimia lain pada produk kecantikan seperti formaldehyde juga dikatakan meningkatkan risiko infertilitas dan keguguran.

Semprotan

Beberapa semprotan dan parfum yang mengandung phthalates, dikatakan mempunyai implikasi pada hormon dan dapat menyebabkan kemandulan. 

Krim

Bahan kimia tertentu yang ditambahkan ke beberapa krim dan lotion agar mempunyai wangi yang harum, dikatakan bahwa bahan kimia tersebut tidak baik untuk kulit maupun kesuburan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya