Trik Menanamkan Kebiasaan Hidup Sehat pada Anak

Ibu dan anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Orangtua kadang ingin anak menuruti apa kata mereka. Seolah menjadi yang paling benar, orangtua kerap kali meminta anak, melarang anak akan banyak hal, namun mereka sendiri tidak bisa memberikan contoh yang baik.

Pentingnya Keterlibatan Orangtua dalam Proses Bermain Anak

Begitupun halnya dengan membiasakan gaya hidup sehat. Saat anak tidak menurut, biasanya orangtua akan merasa pusing dibuatnya, atau justru memberikan hukuman. Padahal pernahkah orangtua berkaca, bahwa anak terkadang hanya meniru apa yang dilakukan orangtuanya 

Psikolog Tiga Generasi, Chitra Annisya,M.Psi, saat mengisi acara Final Drawing Competition  HiLo School, di Bilangan Senayan, Jakarta, membagikan tipsnya bagaimana menanamkan kebiasaan hidup sehat, tanpa ada drama.

Ada Peran Orangtua di Balik Anak yang Kecanduan Gadget

"Pertama adalah, sadari bahwa orangtua itu role model. Anak adalah peniru ulung, jadi kalau ingin anak melakukan apa yang diinginkan, orangtua harus menjadi contoh yang baik," kata Chitra.

Selain itu, Anda bisa melibatkan seluruh anggota keluarga, seperti membiasakan makan sayur dan buah di meja makan, lakukan dengan dialog, begitupun dengan kebiasaan olahraga. Lakukan beramai-ramai, dengan begitu anak akan lebih semangat.

Sudah Maksimalkah Peran Anda Sebagai Orangtua?

Kemudian saat melakukan kegiatan, lakukan dengan cara menyenangkan dan penuh kasih sayang. Hingga anak akan berpikir bahwa hidup sehat bisa menjadi sumber kasih sayang. Misalnya, Anda bisa mengajak anak berenang, buat anak tertawa senang, dan memuji anak. Dengan begitu, anak akan berpikir bahwa orangtua memberikan kasih sayang dalam berbagai cara.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim. (Foto ilustrasi)

Tantangan saat Pandemi, Mendikbud Nadiem: Orang Tua Sentral Pendidikan

Peran orang tua sangat besar mendorong pencegah penularan COVID-19.

img_title
VIVA.co.id
28 September 2020