Ada Peran Orangtua di Balik Anak yang Kecanduan Gadget

Ilustrasi bermain game.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Gadget telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Tidak hanya digunakan oleh orang tua, kini gadget juga banyak digunakan oleh anak-anak.

Tantangan saat Pandemi, Mendikbud Nadiem: Orang Tua Sentral Pendidikan

Tidak sedikit dari anak-anak sulit terlepas dari gawai dalam berbagai situasi. Hal tersebut berdampak pada kecanduan anak pada gawai. Psikolog dan pendiri Tiga Generasi, Saskhya Aulia Prima mengatakan, ada peran orangtua terkait anak adiksi gadget atau gawai.

"Terkadang anak (yang hobi main) gadget itu orangtuanya yang enggak ngajak main anaknya, (untuk sekadar) nyanyi bareng atau ngobrol bareng," kata dia saat ditemui VIVA di kawasan Kuningan Jakarta Selatan, belum lama ini.

Miris, 100 Anak dan Remaja Masuk RSJ Karena Kecanduan Gadget

Dirinya pun memberikan tips bagaimana mengatasi anak yang kecanduan gawai. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi durasi penggunaan gadget tersebut secara perlahan atau bertahap dan tidak bisa dilakukan secara drastis. Hal ini karena kata dia,  kalau anak sudah adiksi akan sulit menghilangkannya.

"Jika si anak menggunakan gadget untuk bermain selama tiga jam, orangtua bisa menguranginya secara bertahap mulai dari 15 menit dan bertahap kemudian," kata dia.

Video: Kecanduan HP, Ratusan Anak Masuk Rumah Sakit Jiwa

Kedua yang penting harus diingat adalah orangtua harus menjadi role model bagi anak. Dan usahakan mengajak anak untuk ikut melakukan kegiatan seru bersama orangtua.

"Kalau kita bilang anak enggak boleh main gadget ya jangan di depan anak kita main gadget. Anak jadi lihat, lah orangtuanya main gadget jadi dia ikut." (mus)

Anak bermain HP atau gadget.

Bunda, Ini Cara Kenali Kondisi Anak Kecanduan Gadget

Tak dipungkiri, penggunanan gadget saat ini kerap diajarkan agar anak-anak bisa tumbuh sambil mengikuti perkembangan zaman.

img_title
VIVA.co.id
22 Desember 2020