Efek Baik pada Tubuh saat Mengurangi Konsumsi Gula

Ilustrasi pemanis buatan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Pastinya, semua orang mengonsumsi beragam sumber makanan yang mengandung gula. Gula yang dikonsumsi terlalu berlebihan, diketahui mampu berdampak buruk pada darah. Namun, apa yang terjadi pada tubuh saat konsumsi gula dihentikan?

6 Manfaat Kurangi Asupan Gula, No 1 Bikin Otak Encer

Konsumsi gula bisa berasal dari beragam makanan seperti kue, permen, soda, saus salad, saus pasta, susu, buah, dan lain sebagainya. Efek yang berdampak pada tubuh sendiri tergantung dari kadar gula yang dikonsumsi oleh tubuh. 

Orang yang memiliki kadar tinggi dalam konsumsi gula, dapat menunjukkan efek depresi bahkan cemas berlebih. Berikut beberapa efek pada tubuh saat konsumsi gula dihentikan seperti yang dilansir dari laman Boldsky

Langkah Efektif Turunkan Kadar Gula Darah

Jarang mengantuk

Banyaknya mengonsumsi gula akan merespons tubuh untuk produksi hormon kortisol yaitu hormon yang membantu manusia untuk tidur nyenyak. Jadi, jika Anda menurunkan konsumsi gula, maka akan menjauhkan dari rasa kantuk sepanjang hari.

Makanan Ini Bisa Bantu Turunkan Kadar Gula Darah

Menurunkan Tekanan darah

Konsumsi gula berlebih dapat meningkatkan tekanan darah, produksi insulin dan detak jantung. Diklaim, jika konsumsi gula dikurangi, maka akan berdampak sebaliknya, yakni menurunkan tekanan darah serta tingkat dari lemak dan kolesterol jahat.

Meringankan jerawat

Sebuah studi telah menunjukkan bahwa mereka yang memiliki masalah pada jerawat, akan berkurang dengan penurunan konsumsi gula. Hal ini berkaitan dengan menurunnya tingkat inflamasi yang terjadi saat konsumsi gula dihentikan.

Menghindari diabetes

Diabetes dan gula memiliki keterkaitan yang kuat. Mereka yang konsumsi gula berlebih diyakini, memproduksi lemak di hati yang mengacu untuk resisten pada insulin. Padahal peran insulin sangat penting untuk menyerap kadar gula dalam darah.

Jauh dari kalori berlebih

Semakin banyak gula yang dikonsumsi, semakin tinggi berat badan Anda. Jadi, dengan berhenti konsumsi gula maka menjauhkan Anda dari berat badan berlebih.

Baik untuk otak

Konsumsi berlebihan pada gula akan berdampak pada sel-sel otak. Hal itu dikaitkan dengan komunikasi antar sel yang menjadi tidak maksimal dan sulit untuk mengingat banyak hal. Jadi, konsumsi gula sebaiknya dikurangi agar bisa lebih fokus.

Menjaga suasana hati

Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi gula berlebih akan berdampak pada segi emosional seperti suasana hati yang berubah-ubah, dan cemas. Untuk yang ingin suasana hatinya tetap stabil, usahakan konsumsi gula tidak berlebihan dalam sehari

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya