Ladies, Ini Lima Makanan Wajib Agar Tetap Bugar di Usia Tua

Makanan Superfood
Sumber :

VIVA.co.id – Menjadi tua dan kehilangan kebebasan akibat keterbatasan fisik yang disebabkan  faktor usia bukanlah hal yang diinginkan setiap perempuan di masa tuanya. Namun, para ahli mengklaim telah menemukan lima 'superfood' yang akan membantu perempuan dalam melewati proses penuaan.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Jeruk, apel, pir, selada dan kenari membuat perempuan tetap segar di masa tuanya. Secara keseluruhan, diet dengan mengonsumsi buah, sayuran, minuman rendah gula, garam dan lemak jenuh dapat mengurangi risiko penurunan stamina pada perempuan di masa tua.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh California Walnut Commission menemukan bahwa kenari mengandung banyak nutrisi ketimbang jenis kacang-kacangan lain.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Dr. Michael Greger, penulis buku 'How Not To Die' menjelaskan bahwa mengonsumsi dua genggam kenari sekali dalam seminggu dapat memperpanjang usia perempuan. hal itu setara dengan melakukan jogging empat jam dalam sehari.

Pada penelitan sebelumnya, para peneliti menemukan bahwa kenari dapat mengurangi risiko kanker dan diabetes, meredakan stres, mencegah timbulnya alzheimer, kanker payudara, kanker prostat, dan menurunkan kolesterol.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Dalam Journal of Nutrition disebutkan bahwa kenari mengandung lebih banyak antioksidan ketimbang jenis kacang lain. Mengonsumsi enam buah kenari dalam seminggu dapat mengurangi risiko seseorang menjadi lemah.

Penelitan yang dilakukan oleh University of Michigan tahun lalu menemukan bahwa kemungkinan mendapat keluhan penyakit bagi orang yang mengonsumsi satu apel kecil setiap hari lebih kecil ketimbang mereka yang jarang mengonsumsi apel.

dr. Francine Grodstein, Profesor bidang kedokteran di Harvard Medical School mengatakan,"Banyak penelitian yang dilakukan terhadap kondisi kesehatan diri masa tua, seperti diabetes dan penyakit jantung. Namun, penelitian tersebut tidak mencakup pada kualitas hidup di masa tua."

Penelitian yang melibatkan 54.762 responden perempuan itu berlangsung selama 30 tahun (1992 - 2008). Mereka ditanyai mengenai kegiatan mereka sehari-hari, kemudian para peneliti mencoba mengaitkan hasil tersebut dengan kebiasaan diet para partisipan.

Hasil penelitian ini menyebutkan, memakan makanan yang sehat dan beberapa makanan tertentu seperti kenari dapat membantu perempuan untuk tetap memiliki energi dalam menjalankan berbagai aktivitas meskipun mereka mulai menua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya