Rahasia Menjadi Ayah Juara

Ilustrasi ayah dan anak.
Sumber :
  • Pixabay/White77

VIVA.co.id – Peran ayah memang terus berubah seiring waktu dan sekarang keberadaan ayah memainkan peranan penting dalam membangun rasa percaya diri dan dan ketangguhan anak.

Alasan Kenapa Banyak Pria Takut Jadi Ayah

Menjadi ayah juara memang tidak mudah. Beberapa ayah mungkin merasa kekurangannya membuatnya jauh dari sosok ayah juara. Tapi, kuncinya adalah bagaimana Anda mampu mengerjakan sesuatu yang tidak bisa Anda tolak dan bagaimana Anda menikmati melakukannya.

Menurut laman The Asian Parent, ada tiga hal mendasar yang harus dilakukan ayah juara, yaitu mencintai, melatih, dan memberi contoh. Ketiga hal ini memiliki satu kesamaan, yakni membutuhkan keterlibatan di dalamnya. Artinya, keberadaan Anda tidak bisa digantikan dan keterlibatan hanya bisa dilakukan jika Anda ada di sana.

Bayi Mirip Ayah Ternyata Punya Tubuh Lebih Sehat

Karena itu, Anda harus membuat waktu Anda fleksibel untuk buah hati. Memang tidak mudah saat Anda sibuk dengan pekerjaan, tapi ada beberapa cara yang bisa mendorong Anda rela meluangkan waktu untuk buah hati sesuai dengan tahapan usia mereka.

Usia prasekolah

7 Tips Merawat Bayi Bagi Ayah Baru

- Ciptakan kebisaan yang membantu Anda terhubung dengan istri dan buah hati, seperti menelepon dari kantor atau waktu spesial untuk ayah ketika keluar kantor usai bekerja.

- Letakkan foto buah hati Anda di mana Anda bisa melihatnya ketika pulang. Misalnya, di dashboard mobil. Ketika Anda melihatnya, katakan pada diri Anda, 'Beberapa jam ke depan adalah waktu yang paling penting bagi saya di hari ini.'

- Sesuaikan diri dengan tinggi buah hati dengan berjongkok, berlutut atau bahkan berbaring di lantai ketika berbicara dengan mereka.

Usia sekolah dasar

- Sediakan waktu di akhir pekan dan tanyakan buah hati Anda apa yang dia ingin lakukan.

- Tanyakan mereka kemampuan apa yang ingin mereka pelajari tahun depan, lalu buat komitmen dengan diri Anda untuk membantu mereka menguasainya.

- Ikut terlibat dalam pendidikan buah hati Anda termasuk membantu mengerjakan pekerjaan rumah (PR), berlatih olahraga dan aktivitas lainnya, serta menghadiri pertemuan dan acara sekolah.

Usia remaja

- Buat komitmen untuk melakukan kegiatan luar rumah yang bersemangat. Dobrak batasan Anda dan jadilah kreatif.

- Cari tahu bagaimana caranya bersenang-senang dengan anak remaja Anda dengan cara masuk ke dalam dunianya. Pergi nongkrong bersama, membaca buku yang disukainya, memainkan permainan favoritnya, dan mendengarkan setiap ceritanya.

- Jalin hubungan dengan orang dewasa lain yang punya peranan penting dalam kehidupan buah hati Anda, entah itu pelatih, guru, atau pembimbingnya, lalu buat perbandingan dari catatan perkembangan buah hati Anda.

Percayalah, investasi kecil dari waktu yang Anda berikan ini akan memberikan hasil yang luar biasa dari tahun ke tahun. Usaha untuk menyeimbangkan waktu antara pekerjaan memang berat, tapi hasil yang akan di dapat akan lebih berharga.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya