Jangan Sepelekan Gejala Kesehatan Ini

Ilustrasi kepala.
Sumber :
  • Pixabay/publicdomainpictures

VIVA.co.id – Seringkali kita mengabaikan berbagai keluhan kesehatan yang kita rasakan. Kita juga tidak terlalu menanggapi penyakit ringan karena menganggapnya bukan hal serius.

Yuk Jaga Kesehatan Payudara Sejak Dini, Biar Tak Ada Masalah Dikemudian Hari

Namun, ada beberapa gejala kesehatan yang tidak boleh kita abaikan karena bisa jadi tanda penyakit serius. Berikut ini gejala kesehatan yang harus diwaspadai, seperti dilansir dari laman Boldsky.

Masalah reproduksi

Pentingnya Mengganti Bra Secara Teratur untuk Kesehatan dan Kenyamanan Diri

Salah satunya adalah ketika terjadi menstruasi setelah menopause. Hal ini harus diwaspadai karena kemungkinan adanya ketidakseimbangan hormon atau tanda adanya kanker uterus atau endometrium (lapisan rahim).

Sementara untuk wanita segala usia, jika mengalami keputihan yang berbau busuk dan menyebabkan gatal di vagina, sebaiknya jangan diabaikan. Ini bisa menjadi sinyal adanya kanker serviks atau kanker tuba falopi.

Apa itu Kista Ovarium yang Diidap Hailey Bieber Serta Gejala dan Penyebabnya

Berat badan turun

Jika Anda mengalami penurunan berat badan secara drastis tanpa sebab yang jelas, berhati-hatilah dan segera periksakan ke dokter. Karena ini bisa diakibatkan abnormalitas hormon seperti hipertiroid atau kemungkinan diabetes. Dalam kasus tertentu, penurunan berat badan secara tiba-tiba bisa diakibatkan oleh kanker usus besar.

Sering buang air kecil

Frekuensi buang air kecil yang meningkat secara tiba-tiba juga harus Anda waspadai. Hal ini bisa diakibatkan oleh diabetes atau fibroid rahim Anda menekan kandung keming. Namun, bisa pula diakibatkan tekanan berat lainnya yang dapat berupa tumor ganas atau kanker.

Perut kembung

Perut kembung merupakan hal normal terutama jika memasuki masa menstruasi. Tapi, jika perut Anda kerap terasa kembung tanpa alasan jelas, kemungkinan Anda mengalami kanker ovarium. Hal itu bisa dikarenakan massa yang besar atau cairan menggumpal di area tersebut.

Mudah letih

Jika Anda masih merasa letih walaupun sudah tidur delapan jam dan sering merasa lelah hingga sulit beraktivitas, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Ini bisa terjadi karena anemia, depresi, gangguan mood, atau bahkan hipertiroid.

Oleh sebab itu, jika Anda mengalami salah satu dari gejala di atas, jangan lagi diabaikan. Pergilah ke dokter dan segera periksakan kondisi Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya