Waspada, Kanker Ini Sering Mengintai Anak

Mindset dokter pada anak-anak biasanya negatif. Ini harus diubah.
Sumber :
  • pixabay/skeeze

VIVA.co.id – Penyebaran sel-sel kanker, ternyata bisa menimpa siapa saja termasuk anak-anak. Ternyata, ada jenis-jenis kanker tertentu yang paling banyak menimpa anak.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Seperti diketahui, jenis kanker yang paling banyak menimpa anak terdiri dari dua jenis yaitu leukimia dan retinoblastoma. Hal tersebut diungkapkan  dr Haradini Intan, SpA (K) Divisi hematologi ongkologi

"Jenis kanker pada anak memang banyak, tapi yang paling sering hinggap di tubuh anak yaitu leukimia atau kanker darah dan kanker di retina," ujarnya dalam Konferensi Pers Jelajah Tembang Cinta oleh Yayasan Sentuhan Kasih Anak Indonesia (YSKAI) di Museum Nasional, Jakarta, Selasa 26 Juli 2016.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Untuk leukimia, merupakan kanker yang menyerang sel-sel darah pada tubuh. Leukimia ini, bisa menimpa semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

"Untuk leukimia bisa menimpa anak usia 10 tahun ke atas dan umur berapa saja," jelasnya.

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

Selain itu, pada penyakit kanker mata yaitu retinoblastoma, ternyata seringkali menyerang anak-anak di usia bawah lima tahun. Sehingga, penanganan pada kanker harus dicegah sejak masih saat stadium awal.

"Keberhasilan pada mereka yang terdeteksi kanker stadium awal, biasanya berhasil 80 persen. Kalau sudah stadium akhir, hanya 20 persen," kata dia.

Raja Charles

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Kondisi kesehatan Raja Charles III kini semakin memburuk. Sehingga, para pejabat di Istana Buckingham terus memperbarui rencana pemakamannya. Hal ini sudah dipersiapkan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024