Kenali Lima Penyebab Gangguan Tidur pada Anak

Ilustrasi anak
Sumber :
  • Pixabay/unsplash

VIVA.co.id - Masalah tidur tidak hanya terjadi pada orang dewasa. Anak-anak juga bisa mengalami gangguan tidur. Untuk bisa tidur dengan mudah adalah salah satu masalah bagi sebagian orang, begitu pula dengan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Jadwal Terlalu Padat Mampu Picu Anak Depresi

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab menurunnya kualitas tidur seseorang. Jika anak Anda kurang tidur, mereka akan merasa kelelahan di esok hari. Tentunya hal ini juga mengganggu kegiatan belajar mereka saat di sekolah.

Berikut beberapa permasalahan tidur yang juga dialami oleh anak-anak dikutip dari laman Boldsky.

Mendengkur

Jika anak Anda menderita sleep apnea, mereka akan mendengkur saat sedang tidur. Kelainan ini akan sangat mengganggu kualitas tidur anak. Segera periksakan kondisi anak Anda agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Gelisah

Ajari Anak Mandiri Bisa Dimulai Sejak Usia di Bawah 1 Tahun

Anda mungkin berpikir bahwa anak-anak tidak memiliki sesuatu yang mereka khawatirkan. Kenyataannya anak juga memiliki tekanan tersendiri seperti masalah akademis atau dengan teman sebayanya. Hal ini akan mengganggu kualitas tidur mereka. Jika anak Anda susah tidur, coba tanyakan dan ajak anak bercerita serta berbagi keluh kesahnya.

Ketakutan

Beberapa anak cenderung memiliki ketakutan yang tidak masuk akal atau takut gelap. Jika anak Anda takut hingga tidak bisa tidur, dekati dan buat mereka senyaman mungkin.

Kurang olahraga

Agar Hari Pertama Anak Masuk TK Berjalan Lancar

Anak yang susah tidur bisa disebabkan kondisi fisik mereka yang tidak sehat. Pastikan anak Anda juga selalu aktif secara fisik agar pada saat lelah mereka akan tertidur dengan sendirinya.

Kurang istirahat

Kurang istirahat bisa menyebabkan gangguan tidur pada anak. Periksakan ke dokter jika anak mengalami hal ini. Namun, jika anak tidak bisa tidur karena gadget atau permainan, batasi waktu bermain mereka.

Cara kreatif seorang ibu.

Ibu Ini Punya Cara Kreatif Ajarkan Anak Bersih-bersih Rumah

Banyak cara kreatif ajarkan anak mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016