Delapan Makanan Sehat yang Dibutuhkan Wanita

Buah tomat.
Sumber :
  • Pixabay/ Anelka

VIVA.co.id - Konsumsi makanan sehat memang dibutuhkan bagi pria maupun wanita. Namun, pria dan wanita punya kebutuhan makanan yang berbeda. Berikut ini adalah daftar makanan sehat yang wajib masuk dalam menu makanan para wanita seperti dilansir laman Times of India.

Biji Rami
Makanan ini baik untuk memberikan Anda kesehatan secara menyeluruh. Biji rami mengandung asam lemak Omega-3 dan dikenal dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker payudara. Biji rami juga memiliki sifat anti peradangan yang dapat mencegah artritis, selain kandungan yang juga dapat mengurangi masalah pencernaan.

Salmon
Tidak hanya kaya akan zat besi yang biasanya kadarnya rendah pada wanita, salmon juga padat asam lemak Omega-3 yang dapat memperbaiki suasana hati Anda. Para ahli mengatakan, Omega-3 dapat membantu mengatasi depresi dan mencegah perubahan mood.

Kranberi
Sejumlah penelitian selama beberapa tahun terakhir menemukan adanya keterkaitan antara mengonsumsi kranberi dan berkurangnya risiko kanker payudara dan penyakit jantung. Selain itu, kranberi memiliki kemampuan mencegah dan mengobati infeksi saluran kemih. Karena itu, minumlah segelas jus kranberi setiap hari.

Bayam
Bayam diketahui sebagai sumber berbagai vitamin, mineral, dan tinggi magnesium. Magnesium merupakan zat yang dapat membantu mengurangi masalah pramenstruasi seperti bengkak, nyeri payudara, kembung, dan kenaikan berat badan.

Kenari
Para ahli mengatakan, kenari memiliki Omega-3, antioksidan, dan pitosterol yang penting dalam mengurangi risiko kanker payudara. Kandungan omega-3-nya yang tinggi juga dapat membantu masalah kesehatan tulang, artritis, dan depresi. Kenari juga memiliki kandungan nutrisi seperti kalsium, magnesium, dan asam folik.

Gandum

Gandum sangat kaya akan nutrisi penambah kesehatan dan sangat baik bagi kesehatan wanita. Gandum dapat menjaga kesehatan jantung, baik untuk pencernaan, dan menjaga tekanan darah tetap baik.

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin

Selain itu, gandum mengandung vitamin B6 yang dapat mengatasi PMS dan perubahan mood. Komponen lainnya, asam folik, dapat mencegah terjadinya kecacatan pada bayi baru lahir dan merupakan nutrisi penting bagi ibu hamil.

Susu
Kekurangan kalsium merupakan salah satu masalah kesehatan terbesar yang dihadapi wanita di dunia. Karena itu, susu adalah makanan paling wajib bagi wanita di segala usia. Kalsium pada susu yang dikombinasikan dengan vitamin D akan menjadi cara paling baik untuk mencegah osteoporosis. Selain itu, susu baik untuk mencegah gejala PMS.

Tomat
Karetonoid yang paling penting bagi kesehatan adalah likopen, yakni pigmen yang ditemukan pada tomat. Sejumlah penelitian juga sudah membuktikan bahwa likopen dapat mencegah kanker payudara. Selain itu, sudah terbukti pula bahwa tomat dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Ilustrasi pelayanan medis.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Baik berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016