Cara Mudah Ajari Anak Minum Obat

Pil
Sumber :
  • Pixabay/agnesliinnea

VIVA.co.id - Saat si kecil sakit, tidak semua obat yang diberikan berbentuk sirup, atau puyer. Beberapa obat berbentuk pil dan kapsul sering diberikan dokter, saat anak berusia 4 tahun.

Kemampuan si kecil untuk konsumsi obat dalam bentuk pil, seharusnya diajarkan sejak dini, namun dengan tehnik yang sesuai. Disarankan, anak sudah belajar mengonsumsi obat dalam bentuk pil sejak usia empat tahun. Hal itu disarankan untuk melatih anak untuk mengendalikan fungsi organnya.

Seperti dilansir dari laman kidshealth, sebaiknya pemberian obat dalam bentuk pil tidak dalam kondisi penekanan. Namun, sebaliknya disarankan mengajarkan anak mengonsumsi obat dalam bentuk pil bersamaan dengan hal yang disukainya. Misalnya es krim atau buah kesukaannya.

Selain itu, usahakan, agar memberikannya saat tidak ada pengalihan seperti TV, atau gadget. Kemudian, disarankan untuk berlatih dengan multivitamin anak yang berbentuk pil dengan durasi 5 - 10 menit sehari dalam kurun waktu dua minggu sekali.

Sebagai orangtua, berikan juga bentuk perhatian dalam pemahaman pada si kecil bahwa penting untuk memiliki kemampuan ini. Buat anak tetap tenang dan memikirkan ragam efek positif yang didapatkan usai memiliki kemampuan tersebut.

Untuk penerapan dalam konsumsi pill si kecil, butuh beberapa langkah di bawah ini

1. Buat si kecil duduk tegap dengan posisi kepala tegak lurus.

Pelajaran Moral dan Budaya dalam Kurikulum Sekolah

2. Hindari kepala yang terlalu ke arah belakang, di mana dapat mempersulit konsumsi pil tersebut.

3. Biarkan si kecil menegak air mineral secukupnya untuk berlatih menelan.

Tips Mengajarkan Anak Merawat Rambut

4. Lalu, taruh pil di lidah si kecil dan biarkan ia mencernanya bersamaan dengan air mineral.

5. Penggunaan sedotan saat minum air mineral dipercaya bisa menjadi pengalihan si kecil.

Perlu diperhatikan, ada beberapa pil yang bisa dikonsumsi bersamaan dengan makanan halus, atau hanya bersama air mineral saja. Selain itu, tidak disarankan untuk memaksakan si kecil saat dirinya sudah menunjukkan rasa tidak nyaman. (asp)

Orangtua Penyebab Utama Anak Terkena Gizi Buruk
Peresmian PAUD Percontohan

Stimulasi Kepintaran Anak Lewat Membaca

Orangtua bisa menstimulasi word smart anak dengan cara membaca.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016