Ajarkan Ini pada Anak Laki-laki Sebelum 18 Tahun

Mom and boy
Sumber :
  • Pixabay/white77

VIVA.co.id - Membesarkan anak perempuan dan laki-laki tentunya ada perbedaan. Karena, proses pemikiran, minat, dan pola prilaku anak laki-laki berbeda dengan anak perempuan.

Kebanyakan anak laki-laki, mulai dari usia lima tahun, cenderung sangat nakal dan terlalu aktif. Jadi, para ibu harus membekali diri mereka dengan kemampuan pengasuhan yang benar-benar baru.

Ada banyak hal yang harus diajarkan kepada anak laki-laki dalam masa pertumbuhan mereka terutama di masa sekarang di mana peran gender tidak lagi distereotipekan dan banyak orang yang tidak lagi mempermasalahkah hal itu.

Jadi, sebagai ibu berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus Anda ajarkan kepada anak laki-laki Anda sebelum dia berusia 18 tahun seperti dikutip dari laman Boldsky.

1. Dapur bukan hanya untuk perempuan

Ibu Ini Punya Cara Kreatif Ajarkan Anak Bersih-bersih Rumah

Setiap ibu harus mengajarkan putranya akan pentingnya keseteraan gender dan mencoba mematahkan beberapa stereotipe yang berpandangan bahwa memasak dan pekerjaan rumah hanya dikerjakan anak perempuan.

2. Kemampuan dasar memasak

Tepat ketika putra Anda berusia 12 tahun, Anda bisa langsung mengajarinya kemampuan dasar memasak. Memasak adalah keterampilan hidup yang harus diketahui setiap orang.

3. Menahan diri dari perkelahian

Jadwal Terlalu Padat Mampu Picu Anak Depresi

Seiap ibu harus mengajarkan buah hatinya memahami bahwa kekerasan fisik, dalam situasi apapun, sangatlah tidak benar.

4. Menghargai perempuan

Ini adalah hal penting bagi para ibu untuk mengajarkan putranya bagaimana menghormati dan menghargai perempuan serta tidak merendahkan mereka.

5. Menangis atau emosional adalah hal yang dibolehkan

Ajari Anak Mandiri Bisa Dimulai Sejak Usia di Bawah 1 Tahun

Kebanyakan orangtua cenderung memarahi anak laki-laki mereka ketika menangis atau menjadi emosional. Ketahuilah bahwa hal ini bisa menyebabkan gangguan psikologi nantinya. Biarkan putra Anda tahu bahwa tidak apa-apa menangis untuk melampiaskan perasaan sedih mereka.

6. Pentingnya sebuah kebaikan

Seringkali, anak laki-laki diharapkan untuk selalu bersikap 'macho' dan agresif. Sebaliknya, para ibu sebaiknya selalu mengajarkan pentingnya menjadi orang baik dan menunjukkan empati kepada orang lain.

7. Keterampilan hidup dasar

Bersamaan dengan keterampilan memasak, Anda juga harus mengajarkan keterampilan hidup lainnya seperti menggunakan alat pertukangan, pekerjaan rumah tangga, pertolongan pertama, dan sebagainya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya