Makanan Super untuk Meningkatkan Kesehatan Mata

Ilustrasi Salmon
Sumber :
  • Pixabay/ idkjm123
VIVA.co.id
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
- Mata merupakan organ tubuh yang paling penting, karena itu, Anda harus merawatnya dengan sangat baik. Melakukan olahraga mata saja tidak cukup, Anda juga harus mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesehatan mata.

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin

Selama ini, wortel dianggap makanan yang baik untuk mata. Namun, ada sejumlah jenis makanan lain yang bermanfaat baik bagi mata.
Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas


Dilansir laman Times of India, beberapa jenis ikan seperti ikan kembung, tuna, salmon, dan sarden diketahui sarat akan omega-3 yang baik untuk mencegah mata kering dan degenerasi makula atau penurunan penglihatan karena usia.


Selain bayam, sayuran seperti selada, brokoli, kol, kale, dan sebagainya yang memiliki kandungan asam folik, potasium, magnesium, serat, vitamin C juga bermanfaat baik untuk kesehatan mata. Jumlah lutein dan zeaxanthin yang melimpah dalam sayuran ini dapat mencegah terjadinya degenerasi makula dan bahkan katarak.


Selain itu, jangan takut mengkonsumsi telur karena kolesterolnya, karena telur merupakan sumber protein dan vitamin A, D, B6, dan B12 yang dapat melindungi mata dari kebutaan dan menangani mata kering.


Makanan lain yang baik untuk mata adalah biji-bijian seperti gandum, jawawut, oats, jagung, jelai, beras, dan gandum hitam yang rendah indeks glikemik akan melindungi Anda dari degenerasi makula.


Buah-buahan sitrus seperti jeruk, lemon, dan grapefruit juga merupakan makanan yang dapat menjaga kesehatan mata Anda. Kandungan vitamin C dalam buah-buahan ini dikatakan dapat menurunkan risiko terjadinya katarak serta degenerasi makula.


Anda juga tidak boleh melewatkan konsumsi kenari dan pistasio yang tinggi kandungan omega-3 dan vitamin E yang baik untuk mata. Selain itu, tumbuhan kacang-kacangan seperti buncis dan kacang polong yang mengandung bioflavonoid dan zat seng dapat menjaga retina mata Anda.


Ada pula biji bunga matahari yang juga baik untuk menjaga kesehatan mata karena kandungan vitamin E dan sengnya yang tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya