Kotoran Telinga Mampu Deteksi Kondisi Kesehatan

Telinga.
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA.co.id – Jika Anda memperhatikan seperti apa kotoran telinga Anda ketika membersihkannya, Anda akan mengetahui banyak hal tentang bagaimana kondisi di dalam telinga Anda.

Kebiasaan Pakai Earphone Lebih dari 1 Jam Berisiko Merusak Pendengaran

Kotoran telinga ini memiliki kandungan tinggi anti kuman dan anti jamur dan kotoran ini tergantung bagaimana tubuh Anda membersihkan, melembabkan, dan melindungi saluran telinga Anda.

Jika ada benda asing yang mencoba masuk telinga, kotoran telinga akan menjebaknya. Selain itu, seperti halnya urin, ingus, feses, dan ludah yanbisa memberi sinyal masalah kesehatan tertentu yang akan Anda alami, kotoran telinga juga dapat memberi sinyal sebuah masalah yang bersarang di telinga Anda yang dapat mempengaruhi kesehatan Anda dalam waktu yang lama.

Sering Dengar Suara Kencang di Klub Malam, Ini Bahayanya

Dilansir dari laman boldsky, jika Anda memiliki kotoran telinga yang berair dengan warna kehijauan, artinya kotoran itu merupakan campuran keringat dan kotoran telinga Anda. Namun, jika Anda tidak pernah berkeringat, itu bisa berarti terjadi infeksi di telinga Anda.

Warna kotoran telinga bisa bervariasi dari hijau hingga kuning gelap. Jika kotoran telinga Anda menimbulkan bau yang menyengat, itu tandanya ada infeksi di bagian tengah telinga Anda yang juga disebut dengan otitis media kronis. Kondisi juga bisa memberikan rasa seperti telinga Anda tersumbat atau penuh, Anda juga bisa mendengar suara mendenging dari telinga Anda. Selain itu,  Anda akan mengalami masalah keseimbangan.
 
Jika Anda merasakan seperti ada tekanan dan rasa sakit di telinga disertai residu kotoran itu bisa berarti adanya pertumbuhan kulit yang tidak normal yang disebut dengan cholesteatoma. Ini adalah adalah struktur menyerupai kista yang memenuhi saluran telinga dan penuh serpihan.

Pakai Headset Saat Tidur, Satu Telinga Remaja Ini Jadi Tuli

Jika kotoran telinga Anda terdapat serpihan, hal ini menandakan bahwa kelenjar telinga Anda kering karena pertambahan usia. Jika Anda tidak memiliki kotoran telinga sama sekali, hal ini menandakan sebuah kondisi yang disebut keratitis obturans, di mana kotoran tidak keluar dengan sendirinya tapi menumpuk di dalam telinga dan menjadi keras. Ketika hal ini terjadi, Anda akan merasakan telinga kering dan penuh

RSPI - dr. Rangga Rayendra Saleh, Sp.THT-KL

#TanyaDokter: Telinga Gatal, Luka, Bengkak, Keluar Cairan

Sering merasakan telinga gatal lalu tak bisa berhenti untuk digaruk hingga bengkak dan luka? Apa sebenarnya yang terjadi?

img_title
VIVA.co.id
26 Desember 2020