Kenali Dampak pada Kelainan Pembuluh Darah

Ilustrasi/Petugas kesehatan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Jantung dan pembuluh darah adalah dua hal yang penting dalam keberlangsungan hidup seseorang. Saat terjadi kelainan dari keduanya, dampak buruk akan mengintai tubuh.

Punya Kelainan Jantung, Arnold Schwarzenegger Operasi Berkali-kali

Kelainan yang terjadi pada pembuluh darah, bukan hal yang bisa disepelekan. Beberapa penyakit ini bisa mengintai Anda saat kondisi pembuluh darah menyempit dan mulai mengalami kerusakan.

"Penyakit athero-thrombotik diakibatkan dari kelainan pembuluh darah yang gejalanya terlihat di seluruh tubuh," ujar spesialis jantung dan pembuluh darah, Prof. Dr. dr. T. Santoso, Sp. PD-KKV, Sp.JP, Ph.D yang ditemui di RS Medistra, Jakarta, Senin 15 Agustus 2016.

Jenis Penyakit Jantung Ini Rentan Intai Anak Muda

Saat pembuluh darah mengalami penyempitan akibat beberapa hal seperti gaya hidup, maka tidak jarang akan mempersempit ruang pembuluh tersebut. Sehingga peredaran darah tidak lancar dan menimbulkan pembekuan darah di area tersebut.

"Gejala klinis dari kondisi tersebut berdampak pada area otak, jantung dan pembuluh darah seluruh tubuh," jelasnya.

Berdebar Seperti Ini Tanda Anda Alami Kelainan Jantung

Ia menuturkan, penyumbatan pembuluh darah di otak dapat berakibat pada kondisi stroke, sedangkan pada jantung berpotensi penyakit jantung koroner dan gagal jantung. Pada pembuluh darah besar berefek pada kematian jaringan di area tubuh.

"Bisa kena stroke, penyakit jantung koroner, gagal jantung. Juga gangren atau nekrosis yang biasanya membuat area kaki membusuk karena terhambatnya suplai oksigen yang di bawa darah," kata dia.

Ilustrasi anak

Bahaya Penyakit Jantung Bawaan Picu Kematian Bayi Baru Lahir

Data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Kesehatan (CDC) bahkan menyebutkan bahwa 1 dari 100 bayi baru lahir di dunia mengalami Penyakit jantung Bawaan.

img_title
VIVA.co.id
15 Desember 2021