Sibuk, Melanie Ricardo Tetap Upayakan Inisiasi Menyusui Dini

Melanie Ricardo dan suami
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane

VIVA.co.id – Presenter dan artis Tanah Air, Melanie Ricardo, mengungkapkan kisah uniknya saat menyusui anak keduanya. Ia menuturkan, begitu banyak kendala yang membuatnya harus bersusah payah memberi Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif.

Terkuak, Alasan Ria Ricis Sempat Ingin Bunuh Diri

Istri dari Tyson James tersebut melahirkan anak keduanya pada bulan Mei lalu. Ia pun menuturkan berbagai kisah yang berbeda saat menyusui sang buah hatinya.

"Beda ya dengan anak pertama karena yang kedua ini sudah diberikan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) sejak lahir. Saya nunggu dan lihat sendiri si anak nyari puting ibunya," ujarnya yang ditemui di Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta, Kamis 18 Agustus 2016.

Natal bagi Melanie Ricardo, Momen Bersyukur Atas Berkah dan Anugerah

Melanie menjelaskan bahwa saat bulan pertama menyusui, ia merasakan kesulitan yang begitu terasa. Apalagi, usia 40 hari melahirkan, ia sudah kembali aktif bekerja di dunia hiburan.

"Bulan pertama menyusui itu susah karena puting bengkak, berdarah, dan ngilu. Apalagi, setelah 40 hari udah mulai sibuk kerja lagi dan itu tiap hari, makanya sampai kewalahan," kata wanita berusia 35 tahun itu.

Suami Minta Anak Lagi, Melanie Ricardo: Pabrik Sudah Tutup

Untungnya, meski hampir setiap hari ada kesibukan, ia didukung oleh sang suami dan ibunda untuk tetap memberi ASI secara eksklusif pada Courage, anak keduanya. Ia menuturkan, agar para wanita menyusui tetap menyempatkan diri memompa ASI meski sedang sibuk di tempat kerja.

"Kalau nggak ada ruang menyusui, saya usahakan di mobil atau di ruangan lain tapi saya tutupi apron, karena mengosongkan ASI pas udah waktunya diperah kan penting. Dan usahakan setiap harinya si anak menyusui langsung ke payudara ibu biar rangsang pengeluaran ASI juga," kata Melanie.

Baim Wong, Paula Verhoeven dan Kiano.

Ternyata Penghasilan Baim Wong dari YouTube Setara Rumah dan Mobil

Dia mengelak menjawab dengan menyebutkan angka.

img_title
VIVA.co.id
17 Juni 2020