Tujuh Manfaat Roti Gandum Bagi Kesehatan

Roti gandum.
Sumber :
  • visualsonline.cancer.gov

VIVA.co.id – Banyak dari kita mungkin pernah mendengar berbagai perdebatan mengenai apakah roti sehat atau tidak. Sebagian besar teori mengatakan bahwa roti sangat tidak sehat.

6 Mitos dan Fakta Seputar Roti

Faktanya sama seperti makanan lainnya, roti juga datang dengan pro dan kontra.  Namun, teori bahwa roti adalah benar-benar tidak sehat mungkin tidak sepenuhnya benar. Ada berbagai jenis roti seperti roti gandum, roti multi-butir, roti putih, menjadi pilihan yang relatif sehat.

Namun, banyak orang takut bahwa roti tidak sehat dan sehingga mereka cenderung untuk menghindarinya. Berikut  daftar manfaat kesehatan dari roti gandum seperti dilansir dari Boldsky:

Manfaat Sarapan dengan Roti Gandum Bagi Kesehatan

1. Mencegah serangan jantung 
Sebuah studi penelitian telah menemukan bahwa roti gandum memiliki kemampuan untuk menghapus akumulasi kolesterol di arteri Anda, dan  meminimalkan terjadinya penyakit kardiovaskular.

2. Mengatasi depresi
Manfaat roti gandum salah satunya termasuk mengobati depresi. Karena roti meningkatkan produksi serotonin di otak untuk mengurangi gejala depresi.

Konsumsi Roti Setelah Nasi Ternyata Baik Bagi Kesehatan

3. Mengurangi rasa lapar
Roti gandum yang sehat karena membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama, dan menjaga rasa lapar dan berat badan konsekuen di teluk.

4. Meningkatkan energi 
Roti sehat dan aman dikonsumsi, karena kaya akan karbohidrat; dan ketika karbohidrat ini digunakan oleh tubuh, mereka meningkatkan energi.

5. Mengatasi diabetes
Manfaat dari roti juga bisa menjadi obat diabetes, karena kandungan serat dalam roti gandum dapat mengontrol lonjakan gula darah dalam tubuh.

6. Meningkatkan pencernaan
Roti sehat karena kandungan serat di dalamnya meningkatkan pencernaan dan menjaga usus bebas dari bahan limbah dan racun, dan juga mencegah sembelit.

7. Meningkatkan kulit dan rambut 
Manfaat kesehatan dari roti gandum termasuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut dan teksturnya. karena roti kaya akan vitamin B dan protein.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya