Studi: Mencium Kucing Picu Masalah Kesehatan

Ilustrasi seekor kucing.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Anda suka memeluk kucing? Hati-hati, karena nyatanya, memeluk hewan lucu berbulu itu dapat memicu masalah kesehatan pada tubuh Anda.

3 Dampak Negatif Tidur dengan Kucing Peliharaan, Bisa Tertular Penyakit Zoonotik

Hal ini diungkapkan melalui survei oleh Center for Disease Control (CDC) and Prevention, US. Di mana disebutkan bahwa gejala penyakit cat-scratch ini antara lain adanya demam yang intens dan munculnya pustula atau jerawat yang meradang.

Bahkan, menurut studi tersebut, pada kombinasi kasus yang rumit, akan memicu kematian, seperti dikutip dari laman Alarabiya. Para pemilik hewan peliharaan tersebut bisa tertular penyakit tersebut melalui mencium atau cakaran dan gigitan oleh kucing yang membawa bakteri berbahaya.

Bambang Pamungkas Bingung Akun X Bisa Dibajak 'Kucing'

Untuk mencegahnya, dokter menyarankan untuk selalu mencuci tangan usai kontak langsung dengan bintang peliharaan Anda. Selain itu, cara mudah mencegah hal tersebut terjadi dengan melindungi peliharaan Anda dari bakteri dengan sering membawanya ke dokter hewan.

Studi ini sendiri mengambil waktu selama delapan tahun untuk menyelesaikan survei terhadap 13 ribu kasus penyakit cat-scratch. Insiden dari penyakit tersebut, tercatat sebanyak 4,5 per 100 ribu populasi

Viral Dansatgaspam Papua Asal Jambi Beri Ayam Goreng ke Kucing

Kendati demikian, hanya sebagian kecil dari kasus ini yang menyebabkan kematian. Perlu dipahami pula bahwa studi ini mengimbau agar anak di usia lima hingga sembilan tahun, berisiko tinggi terkena penyakit ini.

Rachel Vennya

Rachel Vennya Panik Lihat Kucing Peliharaan Ditelantarkan hingga Sakit, Begini Klarifikasi Okin

Kabar dugaan Okin telah menelantarkan hewan peliharaannya pertama kali dibagikan oleh Rachel Vennya di Instagram story khusus bagi pengikutnya yang berlangganan.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024