Ini Tips Perkenalkan Bayi 6 Bulan Makanan Pendamping ASI

Ilustrasi makanan bayi.
Sumber :
  • Pixabay/Ben_Kerckx

VIVA.co.id – Bayi usia enam bulan, membutuhkan asupan makan selain Air Susu Ibu (ASI) setiap tiga jam sekali, setiap harinya. Namun, karena belum terbiasa, si kecil cenderung kesulitan mengenal makanan selain ASI.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Transisi dari ASI menuju makanan yang padat, memang sedikit membutuhkan proses. Oleh karena itu, berikut beberapa tahapan agar si kecil bisa lahap mengkonsumsi makanan selain ASI, seperti dikutip dari laman Baby Arabia.

Makanan Halus

Potret-Potret Menggemaskan Buah Hati Pertama Pasangan Jessica Milla dan Yakup Hasibuan

Pertama, makanan selain ASI harus diberikan dalam bentuk yang telah dihaluskan secara keseluruhan serta lembut, baik berupa sereal, buah maupun sayur.

Hindari Makanan Berbahan Susu

Dimas Seto dan Dhini Aminarti Punya 46 Anak Asuh: Qadarallah Belum Dikasih Keturunan

Kemudian, hindari sebisa mungkin makanan dari bahan susu atau yang kaya akan protein untuk si kecil. Hal ini diperlukan, karena produk susu, bisa membuat si bayi lebih kenyang, hingga enggan mengkonsumsi makanan padat lain.

Kenalkan Buah

Bayi berusia enam bulan, selain perlu diperkenalkan dengan sayuran, ia juga perlu mengenal rasa dan tekstur buah. Bisa dimulai dengan buah dengan daging lunak seperti  alpukat, pepaya atau pisang. Namun bisa juga diperkenalkan buah keras seperti apel ataupun pir. Varian buah tersebut cukup mudah untuk dihaluskan serta memiliki rasa yang disukai anak.

Kacang-kacangan

Memperkenalkan kacang-kacangan seperti kacang hijau dan kacang merah juga baik untuk perkembangan tubuh si kecil. Tak hanya itu, jika si kecil tak suka makanan padat yang berbahan dasar nasi, bisa diperkenalkan dengan kentang. Namun tetap, makanan tersebut harus dihaluskan, untuk mencegah bayi tersedak.

Meski si kecil mulai diperkenalkan makanan padat, ibu tetap disarankan memberikan ASI sesuka bayi.

ilustrasi bayi makan makanan pengganti ASI

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya