Lemak Berlebih Picu Perkembangan Sel Kanker

Ilustrasi kanker.
Sumber :
  • Pixabay/PDPics

VIVA.co.id – Banyak masalah kesehatan bisa timbul akibat pola hidup yang buruk. Pola hidup yang benar mencakup keseimbangan antara pola pikir, pola makan dan pola hidup sehat terkadang sulit untuk dilakukan.

Nikmati Hari Raya Tanpa Khawatir! Ini Tips Jitu Cegah Kolesterol Tinggi

Dan, tahukah Anda, mereka yang cenderung melakukan aktivitas tidak sehat, memiliki dampak paling tinggi untuk mengubah sel tubuh normal menjadi sel kanker.

"Suka bergadang, merokok, alkohol, stres dan makanan yang mengandung tinggi lemak. Dari tingginya lemak itu, bisa memicu hormon estrogen berlebih, sehingga membentuk sel kanker," ujar Dokter Deteksi Dini Kanker, dr. Hardinah Sabrida, di acara Breast Cancer Awareness Month, di Central Park, Jakarta, Rabu 12 Oktober 2016.

Sahur Berlemak? Awas, Bahaya Tersembunyi Mengintai!

Menurutnya, hormon estrogen alami memiliki manfaat baik untuk wanita, yakni memperlihatkan sisi feminin kaum hawa. Tapi, dengan ditambah lemak dari makanan yang akhirnya diserap menjadi estrogen tambahan, menghasilkan bahaya pada tubuh.

"Estrogen itu bisa dibilang salah satu lemak alami di tubuh. Kalau ada tambahan karena makanan, larinya ke mana? Hormon estrogen yang tidak dibutuhkan tubuh itu bisa berubah jadi kista pada usia muda dan jadi kanker pada mereka yang di atas usia 35 tahun," ujar dokter yang bekerja di RS Dharmais, Jakarta itu.

10 Cara Mengurangi Risiko Kanker, Murah dan Mudah Dilakukan

Selain makanan, tingginya kadar stres juga cukup pengaruhi terbentuknya hormon estrogen di tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk menjaga ketiga pola hidup sehat yang mampu melindungi diri dari serangan kanker.

"Stres pada workaholic yang tidak bisa diatasi, membuat sistem tubuh kacau. Makanya itu juga bisa memicu estrogen meningkat. Jadi, penting untuk menjaga pola hidup sehat," kata dia.

Berat badan

Banyak Makan Manis dan Berlemak Saat Lebaran, Lakukan Tips Ini untuk Tetap Sehat

Untuk menurunkan berat badan, kadar kolesterol dan gula darah, tidak ada makanan yang menjadi penawarnya dan wajib tetap menjaga gaya hidup dengan sejumlah tips sehat.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024