Tips Biasakan Anak Makan Sehat

Anak makan sayur
Sumber :
  • Pixabay/ avitalchn

VIVA.co.id – Mengajarkan dan meyakinkan anak-anak mengenai makanan yang baik atau buruk memang bukan tugas yang mudah. Dengan kemampuan menilai mereka yang semakin berkembang, mereka bisa memutuskan sendiri apa makanan yang baik dan tidak.

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

Dan, tentu saja mereka akan lebih memilih makanan yang enak sebagai makanan baik. Jika demikian, apa yang bisa dilakukan orangtua untuk mengajarkan mereka mana yang baik dan buruk butuh trik khusus.

Salah satu kuncinya adalah pada fondasi akan bagaimana mengkonsumsi dan memelihara kebiasaan makan makanan sehat. Berikut ini lima tips mengajarkan buah hati menghindari godaan makanan buruk seperti dikutip Boldsky.

Bunda, Jangan Panik! Ini Tips Mengatasi Anak Susah Makan

1. Selalu siapkan makanan di rumah

Pastikan Anda selalu menyediakan waktu menyiapkan makanan di rumah. Jika Anda selalu makan keluar atau membawa makanan dari luar, pada akhirnya buah hati Anda yang akan menderita. Mereka akan memiliki kebiasaan makanan sehat dan higienis. Meski Anda punya bahan terbatas, tetap usahakan untuk memasak.

Catat Moms, Ini Trik Si Kecil Aman Bermain di Tengah Suhu Panas Ekstrem

2. Libatkan anak ketika berbelanja sayuran

Ini merupakan langkah penting dalam menumbuhkan kebiasaan makan sehat pada anak-anak. Bawa mereka berbelanja buah-buahan, sayuran, dan bahan makanan lainnya. Jika mereka memilih bahan yang bernutrisi, puji mereka. Jika tidak, jelaskan kenapa makanan tersebut tidak baik untuk mereka.

3. Libatkan anak ketika memasak di rumah

Masaklah makanan sehat yang telah dipilih anak dengan lezat sehingga mereka menyukainya dan menjadikannya bagian dari makanan keseharian mereka. Jika buah hati Anda sudah lebih besar, ajarkan mereka memasak sederhana. Dengan begitu mereka juga akan menghargai usaha untuk makanan yang sudah disiapkan.

4. Buatkan bekal makan siang yang menarik

Bungkus luar yang menarik adalah yang paling disukai anak-anak. Jadi usahakan untuk membuat bekal makan siangnya semenarik mungkin.

5. Biasakan makan bersama dan bicarakan tentang pilihan makanan sehat

Pastikan untuk menyediakan setidaknya satu kali sehari untuk makan bersama di meja makan. Berikan ruang untuk mendiskusikan tentang makanan sehat, meski pada awalnya anak-anak tidak tertarik pada akhirnya mereka pasti akan tertarik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya