Tips Agar Si Kecil Mudah Terlelap Tanpa Rewel di Malam Hari

Infeksi Saluran Pernapasan Atas atau ISPA kerap kali diderita anak-anak.
Sumber :
  • Pixabay/unsplash

VIVA.co.id – Tidak sedikit orangtua yang kesulitan untuk membuat buah hatinya tidur di malam hari. Terlebih, banyak aktivitas si kecil yang membuat tertarik untuk terus bangun sepanjang malam.

Chelsea Olivia dan Sandra Dewi Bagikan Rahasia Tidur Anak yang Berkualitas

Ternyata, tidak sulit membuat si kecil untuk bisa tidur cepat di malam hari. Langkah awal, ajak si kecil untuk mempersiapkan segala kebutuhan tidurnya.

Dimulai dari pakaian tidur, lampu yang nyaman untuk tidur, mematikan televisi serta suasana yang tenang di rumah. Setelah si kecil mulai bosan dan mau diajak ke kamar tidurnya, berikan suasana menyenangkan di kamar tidurnya agar ia menyukai aktivitas sebelum tidurnya itu.

Tips Bikin Anak Nyenyak Tidur saat Listrik Padam

Anda bisa menceritakan dongeng, nyanyikan lagu-lagu penuh kasih, berikan pelukan hangat atau permainan yang ringan, agar membuatnya merasa nyaman terlebih dahulu. Berikan juga nada atau lagu yang membuat si kecil merasa tenang, seperti dikutip dari laman Baby Arabia.

Selalu tunjukkan kehangatan Anda pada si kecil saat akan beranjak tidur. Dan pastikan segala kebutuhan si kecil sudah terpenuhi seperti pamper yang nyaman dan susu sebelum tidur.

Suara Ibu Lebih Efektif Bangunkan Anak Dibanding Alarm Kebakaran

Kemudian, usahakan untuk melakukan aktivitas yang menggunakan banyak tenaga si kecil, agar rasa letih membuat si kecil terhanyut dengan suasana nyaman di kamar tidur. Saat buah hati Anda telah tertidur, biasakan untuk tidak langsung meninggalkannya sendiri.

Berikan waktu Anda, untuk melihatnya memejamkan mata selagi tidur. Sebab, hal itu berdampak pada rasa tenang si kecil di kala tidur, dan perlahan membuatnya terlelap.

Anak Bangun Tidur

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya