Ternyata, Jus Acar Mampu Tingkatkan Sistem Imun

Acar
Sumber :
  • Pixabay/Esudroff

VIVA.co.id – Acar ternyata tidak hanya bisa dijadikan pendamping makanan, tapi juga bisa memberikan manfaat kesehatan yang cukup baik bagi tubuh.

78 Kali Positif COVID-19, Pria Turki Dikarantina Selama Setahun

Berikut ini adalah beberapa manfaat jus acar bagi kesehatan seperti dikutip dari laman Independent.co.uk.

Meredakan kram otot

Waspada, Sakit dan Kram Perut Bisa Jadi Tanda Kanker

Menurut penelitian, minuman asam ini dapat membantu meredakan nyeri otot dan kram karena kandungan konsentrasi sodium dan cukanya yang tinggi.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Medicine & Science in Sports & Exercise menunjukkan bahwa seseorang yang haus akan lebih cepat reda kram ototnya setelah meminum jus acar dibandingkan minum air biasa. Dan, efeknya sudah bisa dirasakan hanya dengan meminum sepertiga gelas saja.

Dokter: Suntik Putih Ilegal, Tak Disetujui FDA dan BPOM

Menghidrasi lebih cepat dan tahan lama

Kandungan sodium dan kalium dalam jus acar merupakan hidrator yang sangat cepat. Keduanya merupakan elektrolit yang hilang dari tubuh ketika Anda berkeringat, jadi meminum minuman yang mengandung kedua elektrolit itu akan mengembalikan kadar elektrolit Anda menjadi normal lebih cepat.

Meningkatkan sistem imun

Menurut penelitian Dietary antioxidants: Immunity and host defence, antioksidan seperti Vitamin C dan E memberikan perlindungan terhadap infeksi yang disebabkan bakteri, virus, dan parasit. Dan, jus acar mengandung jumlah yang cukup dari vitamin ini yang dapat meningkatkan fungsi sistem imun Anda.

Acar Timun

Menurunkan berat badan

Menurut sebuah penelitian dari Bioscience, Biotechnology and Biochemistry, cuka adalah bahan utama pada jus acar yang artinya jika meminum minuman ini setiap hari dapat membantu penurunan berat badan secara sehat.

Setelah 12 minggu, partisipan dalam penelitian yang mengkonsumsi sedikit cuka setiap hari berat badan dan lemaknya lebih cepat berkurang dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Mengatur kadar gula darah

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Diabetes Research menunjukkan bahwa meminum seporsi kecil cuka atau bahan utama yang ada di jus acar, sebelum makan dapat membantu mengatur kadar gula darah, terutama mereka yang memiliki diabetes tipe 2.

Jus detoksifikasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya