Cara Tepat Basmi Bakteri pada Makanan Mentah

Makanan kalengan
Sumber :

VIVA.co.id – Bakteri selalu hinggap di mana saja, tak terkecuali di bahan-bahan makanan. Maka, jika tidak dibasmi secara tepat, bakteri tersebut dapat tumbuh dan berkembangbiak di dalam tubuh.

Biarkan Makanan di Suhu Ruang Lebih dari 2 Jam Picu Tumbuhnya Bakteri

Hal tersebut, tidak hanya buruk tapi juga sangat berbahaya untuk tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya, pahami terlebih dahulu cara-cara untuk membasmi bakteri yang hinggap dalam makanan kesukaan Anda.

"Semua sayuran itu harus dicuci dulu untuk membersihkannya dari bakteri. Setelah dicuci, baru bisa dipotong dan diolah sesuai keinginan," ujar Chef Muto saat ditemui di acara Gerakan Pangan Aman bersama Danone di SDN 01 Karet Kuningan, Jakarta, Rabu 9 November 2016.

Menguak Bahaya Mengerikan Pembungkus Daging Ayam

Ada dua pilihan jenis air untuk membersihkan bakteri yakni air yang mengalir dan air yang mengandung oksigen.

Kemudian, agar bakteri benar-benar hilang, sebaiknya masukkan sayur mayur ke dalam air yang telah mendidih. Namun, untuk tetap menjaga kesegaran sayuran yang telah direbus itu, ia mengatakan, tidak perlu terlalu lama untuk waktu merebusnya.

Makanan Pemicu Diare Ini Jarang Diketahui

"Agar warnanya tetap cerah, masukkan ke dalam air mendidih dalam waktu tiga detik hingga beberapa menit saja. Setelahnya langsung disiram lagi dengan air dingin matang," ujarnya menambahkan.

Sehingga, sayuran akan tetap segar untuk dinikmati tapi jauh dari bakteri yang mengintai. Lalu, bagaimana dengan jenis makanan yang biasa dikonsumsi dalam keadaan mentah?

"Untuk ikan dan seafood seperti pada sushi, bakterinya tidak hilang meski sudah disiram dengan air mengalir dan air oksigen. Solusinya, konsumsi dengan dicocol wasabi, karena wasabi itu bisa membunuh kuman yang ada di makanan mentah."

Ilustrasi bakteri / Pneumonia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya