Tujuh Tanda Kanker Payudara yang Jarang Diketahui

Ilustrasi Peduli kanker payudara
Sumber :

VIVA.co.id – Kanker payudara menjadi salah satu kanker pembunuh paling tinggi pada wanita. Namun, sejumlah ahli memperingatkan bahwa sebagian besar pasien justru mendapat diagnosis terlambat, karena tidak terdeteksi adanya benjolan.

Nunung Srimulat Bugar Kembali, Proses Pengobatan Selesai

Dr Jem Rashbass dari Public Health England mengatakan, benjolan bukan satu-satunya tanda. Ia mengingatkan agar wanita harus segera berkonsultasi dengan dokter jika menemukan perubahan pada payudara mereka.

Berikut ini adalah perubahan payudara yang mesti diwaspadai seperti dikutip dari The Sun:

Kisah Sedih Istri Idap Kanker, Suami Malah Selingkuh dengan Adik

1. Perubahan ukuran atau bentuk
Carolyn Rogers, seorang perawat klinis senior di Breast Cancer Care mengatakan, payudara akan berubah pada saat masa menstruasi dan kehamilan seiring bertambahnya usia tubuh. Dengan memeriksanya secara rutin, Anda akan tahu apakah perubahan bentuk atau ukuran payudara itu merupakan bagian normal, atau ada suatu yang tidak biasa.

2. Kemerahan atau ruam
Penting untuk mengetahui adanya tanda kemerahan atau ruam pada kulit payudara atau sekitar puting. Ruam di area ini bisa saja diakibatkan bubuk sabun cuci, atau bra berenda yang membuat kulit iritasi. Tapi jika kemerahan itu terus berlanjut, itu bisa menjadi tanda suatu yang lebih serius.

Terapi Pengobatan Efektif untuk Kanker Payudara

3. Keluar cairan dari puting
Jika ada cairan keluar dari puting tanpa memerasnya, Anda perlu memeriksakannya ke dokter.

4. Bengkak di ketiak atau sekitar tulang selangka
Benjolan adalah tanda umum dari kanker payudara, tapi benjolan itu tidak selalu muncul pada payudara. Carolyn menjelaskan, jaringan payudara dapat ditemukan di bawah ketiak hingga tulang selangka. Anda perlu curiga jika ada pembengkakan di area ini. Karena itu, penting memeriksakan payudara Anda sebulan sekali dan area di sekitar payudara.

5.Perubahan tekstur kulit
Mulai dari kerutan hingga cekungan halus, perubahan pada kulit payudara Anda dapat menjadi tanda kanker. Misalnya, jika kulit terlihat dan terasa seperti kulit jeruk, periksalah ke dokter.

6. Puting terbalik
Beberapa orang memiliki puting terbalik secara alami. Tapi, payudara setiap orang berbeda. Jika puting payudara mulai tertarik ke dalam, atau berubah posisi atau bentuknya, itu bisa menjadi tanda kanker.

7. Rasa sakit terus menerus
Rasa sakit yang tidak hilang di payudara atau ketiak bisa menjadi tanda kanker payudara. Namun, itu sulit untuk teridentifikasi. Tapi, jika rasa sakit itu tidak hilang dalam jangka waktu yang masuk akal, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

(mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya