5 Rahasia Sarapan Sehat

Menu sarapan sehat
Sumber :
  • Pixabay/ Paul_DAPARocks

VIVA.co.id – Sarapan adalah titik penting untuk memulai aktivitas sepanjang hari. Sudah bukan rahasia lagi bahwa sarapan mempengaruhi suasana hati bahkan performa kerja Anda seharian. Agar manfaat sarapan lebih terasa berikut beberapa tips sederhana yang bisa jadi pertimbangan dilansir laman Cooking Light.

Dr Zaidul Akbar Ungkap Komposisi Sarapan Sehat Agar Tak Gampang Ngantuk

Mulai dengan gandum utuh

Kita tahu bahwa karbohidrat adalah sumber energi yang dibutuhkan tubuh. Namun, ada baiknya kita memilih sumber karbohidrat yang tepat.

Teh Manis dan Nasi Goreng Bukan Sarapan Ideal, Begini Anjuran Pakar

Perlu diketahui bahwa gula darah kita di pagi hari sangat rendah. Jika Anda mengisi perut dengan gula buatan di pagi hari, konsentrasi di tengah hari akan berkurang. Pilihlah makanan dengan gandum utuh misalnya roti gandum, sereal gandum atau makanan rendah gula.

Minum kopi (bagi yang terbiasa)

Lupakan Nasi Goreng, Ini Menu Sarapan Sehat Hanya 3 Bahan

Pada 2014 lalu, berdasarkan tinjauan dari 36 studi dari Harvard Nurses Health Study dengan partisipan sekitar 1,3 juta orang menunjukkan, bahwa mereka yang mengonsumsi 3-5 cangkir kopi dalam sehari memiliki risiko penyakit jantung lebih rendah. Tak hanya itu, kopi juga diketahui dapat melindungi tubuh dari serangan diabetes tipe 2.

Namun, perlu diingat bahwa penelitian ini dilakukan terhadap konsumsi kopi hitam bukan kopi yang sudah dicampur dengan bahan lain dan konsumsi kopi tidak disarankan untuk mereka yang memang tidak mengonsumsi kopi sama sekali.

Duduk tenang

Lupakan sejenak tumpukan pekerjaan Anda, luangkan waktu sejenak untuk menikmati dan merasakan hidangan di depan Anda. Lebih baik lagi jika Anda sarapan bersama keluarga. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa keluarga yang makan bersama memiliki anak-anak yang lebih bahagia dengan kebiasaan makan yang baik dan prestasi yang baik pula.

Sarapan konvensional

Sebuah temuan dari Bath Breakfast Project menunjukkan, bahwa makan dalam waktu dua jam setelah bangun tidur akan memberikan perbedaan pada tubuh dalam memetabolisme gula sepanjang hari, gula darah lebih stabil bahkan setelah makan siang dan malam.

Konsumsi kuning telur

Telur adalah makanan rendah kalori namun kaya nutrisi. Satu butir telur mengandung 70 kalori dan 1.5 gram lemak jenuh. Telur juga merupakan sumber vitamin A dan D, asam folat dan choline. Tak hanya itu, telur juga memiliki kandungan antidioksidan yang lebih banyak terdapat pada kuning telur.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya