Gejala Kanker Payudara yang Wajib Dikenali

Ilustrasi wanita
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sebagian besar kasus kanker payudara, dirasakan setelah muncul benjolan. Padahal, banyak tanda lain yang jarang diperhatikan, yang mengindikasikan hadirnya kanker payudara.

Program Selangkah Diluncurkan, Bantu Wanita Jangkau Akses Deteksi Kanker Payudara Dini

Rendahnya kewaspadaan akan gejala lain dari kanker payudara, membuat kanker terus berkembang tanpa diketahui. Untuk itu, berikut beberapa gejala kanker payudara yang jarang diketahui, dikutip dari laman Prevention.

1. Kulit jeruk

Yayasan Kanker Payudara Indonesia Jalin Kerjasama dengan Perhimpunan Dokter

Kulit yang agak kasar dan terasa lebih tebal dari biasanya, mengindikasikan adanya kanker payudara. Hal ini disebabkan karena sel kanker memblokir saluran penghubung kulit dan jaringan payudara, yang berdampak pada perubahan kulit di sekitarnya.

2. Bengkak

Peduli dan Hindari Rasa Takut, Kunci Tekan Angka Kanker Payudara Stadium Lanjut

Biasanya, benjolan yang kecil, sangat sulit diraba. Agar lebih mudah mendeteksinya, perhatikan ukuran payudara. Jika terdapat perubahan ukuran dan bentuk menjadi tidak biasa, bahkan terasa sakit, segera periksa ke dokter.

3. Perubahan puting

Sel kanker biasanya menyebabkan puting menjadi retraksi, atau puting yang abnormal. Pada penelitian terbaru, tujuh persen wanita yang terdiagnosis kanker payudara, tercatat mengalami puting yang abnormal.

4. Cairan puting

Selain perubahan bentuk puting, biasanya puting mengeluarkan cairan yang tidak biasa. Jika cairan tersebut keluar meski tanpa Anda tekan, terlebih ada tambahan nanah dan darah, segera periksa ke dokter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya