Program Selangkah Diluncurkan, Bantu Wanita Jangkau Akses Deteksi Kanker Payudara Dini

Ilustrasi kanker payudara.
Sumber :
  • http://blogaksesbisnis.blogspot.com

TANGERANG – PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dengan menjalankan kampanye skrining kanker payudara.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Melalui program ini, SILO juga turut mendukung perjuangan dunia melawan kanker dalam mengurangi kesenjangan dalam akses terhadap pengobatan medis, akses terhadap edukasi, dan akses terhadap kompetensi tenaga medis.  

Sebagai penyedia layanan kanker swasta terbesar di Indonesia, SILO menyadari peran dan tanggung jawab yang besar dalam melayani masyarakat luas. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

SILO pun memulai kampanye SELANGKAH (SEmangat LAwan KANker) untuk meningkatkan komitmen pelayanannya dengan menyediakan layanan skrining kanker payudara untuk para wanita di seluruh Indonesia yang memiliki keterbatasan akses.

Kanker payudara

Photo :
  • https://news.ubc.ca/
Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Mengingat pentingnya dilakukan deteksi dini untuk kanker payudara, SILO mengajak seluruh lapisan masyarakat, baik masyarakat umum, perusahaan, komunitas, dan institusi lainnya (stakeholders) untuk mendukung kegiatan ini.

Program layanan skirining kanker payudara ini berlangsung pada Maret hingga Desember 2023. Skrining kanker payudara ini menggunakan mesin mamografi yang tersedia di 14 RS Siloam di seluruh Indonesia untuk memeriksa 25.000 wanita.

Hal ini bertujuan untuk membantu wanita di seluruh Nusantara, terutama wilayah yang sulit akses layanan kesehatan.

Harapannya, peningkatan kesadaran yang sudah dibangun dapat diikuti dengan langkah skrining, sehingga pengobatan terhadap kanker dapat dilakukan sesegera mungkin.

Sejak tahun 2022, World Health Organization (WHO) menginisiasi tema Hari Kanker Sedunia dengan tema “Close the Care Gap” untuk mengurangi kesenjangan dalam pengetahuan dan perawatan kanker.

Ilustrasi kanker payudara.

Photo :
  • Pixabay/pexels

Kanker merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia, dengan hampir 10 juta kematian terjadi pada tahun 2020.

Menurut data Kemenkes RI tahun 2022, angka kejadian penyakit kanker di Indonesia adalah sebesar 136 orang per 100.000 penduduk atau berada pada urutan ke-8 di Asia Tenggara.

Dari segi jenisnya, kanker payudara merupakan kanker yang paling banyak ditemukan di dunia seperti halnya di Indonesia.

Menurut data dari The Global Cancer Observatory, sebanyak 17% dari seluruh kasus kanker adalah kanker payudara dan angka kematian global akibat kanker payudara mencapai 7% di tahun 2020. Di Indonesia, kanker payudara menyebabkan 10% kematian pada seluruh penderita kanker.

Dikutip dari Kemkes.go.id, sebesar 70% pasien kanker payudara telah memasuki Stadium 3 saat terdeteksi. Namun, prognosis kemungkinan hidup pasien di Stadium 3 tersebut hanya 10-25%.

Padahal, bila dideteksi lebih awal, prognosis kemungkinan hidup pasien kanker payudara rata-rata dalam 5 tahun bisa mencapai 90-95% pada Stadium 1 dan 70-75% pada Stadium 2.

Rumah Sakit Siloam.

Photo :
  • Dokumentasi Siloam.

Tingginya prognosis hidup bila kanker terdeteksi di Stadium 1 dan 2 ini menunjukkan pentingnya deteksi dini untuk dilakukan oleh setiap individu, baik secara mandiri dan yang terutama pemeriksaan secara medis.

Meskipun terdapat kemajuan dalam penanganan kanker, di Indonesia ternyata masih banyak masyarakat yang belum dapat mengakses atau mendapatkan layanan kanker yang layak sehingga menyebabkan banyaknya kematian karena kanker.

Presiden Komisaris SILO sekaligus CEO LPKR John Riady mengatakan dengan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan dari segi skala dan inovasi, SILO berada dalam posisi strategis untuk mendukung transformasi layanan kesehatan di Indonesia yang dipimpin oleh Kementerian Kesehatan RI.

Letak geografis 41 RS Siloam yang berada di 23 provinsi di Indonesia juga menempatkan SILO dalam posisi strategis untuk menyediakan layanan skrining kanker payudara ini.

"Kompetensi tenaga medis dan fasilitas yang tersedia di RS Siloam memampukan kami untuk melakukan deteksi dini dan mendukung terciptanya layanan pengobatan kanker yang berkelanjutan. Namun demikian, tanggung jawab ini bukanlah tanggung jawab satu pihak saja. Oleh karena itu, kami mengundang Bapak Ibu untuk dapat mengambil bagian secara langsung dalam kampanye SELANGKAH ini," tambah John.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya