Waktu Ideal untuk Tidur Ternyata Tergantung Usia

Ilustrasi lelah
Sumber :
  • Pixabay/ Unsplash

VIVA.co.id – Selama ini, banyak yang sering bertanya, berapa lama waktu tidur yang kita butuhkan? Atau mungkin berapa lama idealnya seseorang tidur? Jawaban yang sederhana adalah semuanya tergantung pada beberapa faktor tertentu pada kondisi individu.

Studi: Orang Dengan Kualitas Tidur yang Baik, Hidup Lebih Bahagia

Tidak ada durasi tidur yang sempurna yang dapat dipenuhi setiap orang, semua tergantung pada berbagai faktor dan usia adalah salah satunya. National Sleep Foundation telah memperbarui pedoman mengenai berapa jam orang perlu tidur yang sesuai dengan usia mereka.

Bayi yang baru lahir (0-3 bulan)

5 Waktu yang Dilarang untuk Tidur dalam Islam, Bisa Berdampak Buruk

Kisaran tidur untuk bayi yang baru lahir paling tidak harus 14-17 jam setiap hari. Bayi yang baru lahir perlu secara signifikan perlu lebih banyak tidur dibandingkan orang dewasa untuk mendukung perkembangan mental dan fisik mereka cepat.

Bayi (4-11 bulan)

3 Presiden Waktu Tidurnya Terbatas, Bukan Cuma Jokowi

Untuk bayi usia 4-11 bulan kisaran tidur yang dibutuhkan sekira 12-15 jam setiap hari. Mulai dari bulan keempat, Anda akan melihat perubahan dalam pola tidur bayi Anda. Bayi akan tetap terjaga untuk durasi yang lebih lama. Periode ini sering disebut sebagai "empat bulan regresi".

Balita (1-2 tahun)

Kisaran yang baik untuk para balita paling tidak tidur harus 11-14 jam setiap hari. Ketika memasuki masa balita, kebutuhan tidurnya secara bertahap akan mulai berkurang. Pada titik ini, ia harus tidur lebih malam hari dibandingkan siang hari

Anak-anak pra sekolah (3-5) tahun

Untuk anak pra sekolah atau TK yang sudah tumbuh paling tidak juga membutuhkan tidur siang,  atau total sekira 10-13 jam.  waktu  tidur secara bertahap akan berkurang karena ia lebih tumbuh

Anak usia sekolah (6-13) tahun

Pekerjaan rumah dan perangkat elektronik menjaga anak-anak sibuk di usia ini, jadi penting untuk mengatur jadwal tidur dan menegakkan rutinitas tidur yang teratur. Untuk anak usia sekolah idealnya berkisar dari 9-11 jam

Remaja (14-17) tahun

Kisaran tidur yang dibutuhkan remaja harus 8-10 jam setiap hari. Remaja cenderung memiliki pola tidur yang tidak teratur di sepanjang minggu. Mereka biasanya tetap terjaga larut malam yang dapat memengaruhi jam biologis mereka dan memengaruhi kualitas tidur mereka.

Orang dewasa muda (18-25) tahun

Untuk orang dewasa muda kisaran tidur harus 7-9 jam setiap hari. Penuaan yang sehat dikaitkan dengan pengurangan durasi tidur yang membantu dalam menjaga kewaspadaan siang hari.

Dewasa (26-64) tahun

Sedangkan untuk orang dewasa kisaran tidur yang dibutuhkan mencapai 7-9 jam. Sekelompok neuron spesifik yang berhubungan dengan mengatur pola tidur, yang disebut ventrolateral nukleus preoptic, mungkin perlahan-lahan mati saat usia bertambah. 

Orang dewasa yang lebih tua (65 +) tahun

Sayangnya, banyak orang dewasa yang lebih tua kekurangan jam  tidur dari yang mereka butuhkan. Alasannya adalah bahwa mereka sering mengalami kesulitan  tertidur. Orang tua membutuhkan minimal lima jam tidur meskipun idealnya, kisaran tidur harus 7-8 jam.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya