Waspada Serangan Stroke Tiba-tiba

Ilustrasi stroke.
Sumber :
  • Pixabay/ Geralt

VIVA.co.id – Stroke seringkali timbul secara tiba-tiba. Bahkan penyakit tersebut seringkali datang tanpa gejala. Padahal, jika lebih waspada terhadap perubahan di tubuh, gejala stroke dapat terlihat dengan jelas.

Kondisi Terkini Betharia Sonata, Jalani Latihan Motorik Pasca Alami Gejala Stroke

Gejala stroke tidak datang secara perlahan, melainkan tubuh yang tiba-tiba mengalami perubahan. Untuk itu, kenali beberapa tanda gejala stroke di tubuh, dikutip dari laman Prevention.

1. Sulit senyum dengan seimbang

Leon Dozan Ungkap Betharia Sonata Alami Hal Ini Saat Terkena Gejala Stroke

Saat bercermin dan tersenyum, seakan-akan senyuman Anda berbeda dari biasanya. Wajah yang seakan menurun, menjadi salah satu gejala kelumpuhan, yang berarti otak tidak mendapatkan darah yang cukup.

2. Sulit menggenggam

Anji Ungkap Kronologi Sang Ayah Meninggal Dunia

Jika Anda secara tiba-tiba mengalami kesulitan menggenggam sesuatu karena lengan yang terasa melemah, segera cari bantuan. Untuk lebih meyakinkan, lakukan tes dengan cara merentangkan kedua lengan. Jika salah satunya terasa kesulitan dan seakan lemah, hal itu memungkinkan adanya stroke.

3. Kehilangan keseimbangan

Saat kaki Anda terasa mati rasa, bahkan membuat tubuh sulit berjalan. Tidak hanya itu, berdiri juga terasa sulit karena tidak ada keseimbangan. Segera kunjungi dokter terdekat untuk mengetahui penyebabnya.

4. Sakit kepala yang begitu menyiksa

Kepala yang terasa seakan mau pecah, padahal Anda jarang merasakan sakit kepala, bisa saja menjadi tanda serangan stroke. Sakit kepala tersebut terasa begitu menyakitkan, tiba-tiba dan berbeda dengan sakit kepala pada umumnya.

5. Kehilangan penglihatan

Sekitar seperempat kasus stroke, penderitanya mengalami kehilangan penglihatan. Sedangkan yang lainnya merasa penglihatannya terasa berbayang atau buram.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya