Kenali Gejala Depresi pada Pria

Ilustrasi pria merasa tertekan.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Lebih dari lima juta pria pernah mengalami depresi tiap tahunnya. Depresi mendalam tidak hanya menyebabkan kesedihan, tapi juga rasa tertarik dalam melakukan aktivitas.

Menguak Tirai Depresi: Gejala, Solusi, dan Dukungan untuk Kesembuhan

Gejala depresi di tiap orang berbeda-beda. Terlebih, pada kaum pria, memiliki banyak gejala yang sebaiknya perlu dideteksi. Berikut beberapa gejala depresi pada pria, dikutip dari laman Health.

1. Kelelahan

Menurut Ahli, Terlalu Banyak Tidur Bisa Jadi Gejala Depresi

Pria cenderung lebih sering kelelahan dibandingkan wanita. Pria dengan depresi, biasanya mengalami perubahan fisik dan emosi secara bertahap. Salah satunya rasa kelelahan akibat penurunan psikomotor di tubuh atau pergerakan dan obrolan yang lambat.

2. Masalah tidur

Perbedaan Gejala COVID-19 Antara Pria dan Wanita Menurut Penelitian

Insomnia, bangun tengah malam, atau tidur berlebihan merupakan gejala depresi. Sama seperti kelelahan, masalah tidur seringkali dialami oleh para pria dibanding wanita.

3. Sakit perut atau punggung

Diare, konstipasi, sakit kepala dan sakit punggung biasanya normal dialami orang dengan depresi. Mereka yang depresi akan merasakan sakit secara fisik, namun cenderung diabaikan kaum pria.

4. Mudah tersinggung

Pria yang alami depresi biasanya menunjukkan tanda dengan mudah tersinggung. Hal ini terjadi karena para pria biasa berpikir negatif secara spontan saat dirundung depresi.

5. Sulit konsentrasi

Penurunan psikomotor akan menghambat proses membaca informasi. Hal ini berdampak pada konsentrasi saat bekerja dan mengerjakan tugas.

6. Mudah marah

Mereka yang depresi akan menunjukkannya melalui amarah serta sikap agresif. Sisi emosional ini akan terjadi sebagai kompensasi untuk menunjukkan bahwa dirinya masih kuat dan mampu menjalani banyak aktivitas.

7. Stres

Stres menjadi satu hal yang paling berdampak dari depresi. Merasakan stres menjadi bagian dari gejala depresi yang berdampak pada perubahan tubuh dan otak.

8. Cemas

Terdapat kaitan yang kuat antara cemas dan depresi. Kaum pria rentan alami cemas, sebab adanya ketakutan akan kehilangan pekerjaan dan kemampuannya.

9. Menyimpang

Baik pria maupun wanita biasanya akan mencari cara meredam depresinya. Namun, pria rentan menggunakan obat terlarang dan alkohol sebagai penutup rasa tidak nyaman di tubuhnya dibandingkan harus datang ke pelayanan kesehatan.

10. Disfungsi seksual

Depresi menjadi alasan seseorang mengalami penurunan gairah dan disfungsi ereksi. Namun, disfungsi ereksi bisa saja merupakan gejala penyakit lain.

11. Sulit memutuskan

Sebagian orang secara alami memiliki kesulitan saat menentukan pilihan. Namun, saat dirundung depresi, hal itu menjadi semakin berat sehingga akan semakin sulit menentukan keputusan.

12. Keinginan bunuh diri

Pria berisiko empat kali lipat mengalami keinginan bunuh diri. Hal ini disebabkan karena pola pikir pria yang cenderung menggunakan metode lethal. Terlebih, pria berusia lebih tua akan berisiko lebih besar terhadap usaha bunuh diri. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya