Tiga Cara Sederhana Cegah Katarak

Ilustrasi penderita mata katarak
Sumber :
  • Pixabay/karosieben

VIVA.co.id – Katarak menjadi salah satu permasalahan utama pada mata. Kondisi tersebut seringkali menjadi hambatan saat melakukan banyak kegiatan.

Glaukoma Lebih Berbahaya Daripada Katarak

Mata yang katarak, memiliki penglihatan yang cenderung buram bahkan sulit mengenali sesuatu. Meski cenderung dialami mereka yang berusia lanjut, tidak jarang katarak mengintai usia yang lebih muda.

Untungnya, katarak bisa dicegah. Tidak perlu sulit mencari cara pencegahannya, sebab katarak bisa dihindari dengan cara sederhana. Berikut cara sederhana cegah katarak, dikutip dari laman Medical Daily.

Ancaman Kebutaan Mengintai! 111,8 Juta Penduduk Indonesia Berisiko Glaukoma di Tahun 2040

1. Asupan vitamin C

Jus jeruk dapat mengandung jumlah vitamin C yang cukup banyak. Ternyata, asupan pada jus jeruk tersebut dikaitkan dengan risiko katarak. Sedangkan, konsumsi makanan yang tinggi lycopene (bahan kimia pewarna buah dan sayur), dikaitkan dengan peningkatan risiko katarak sebesar 46 persen.

BNI-Kemenkes Berikan Bantuan Peralatan untuk RS Apung doctorSHARE

Sebuah studi dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa konsumsi vitamin C yang tinggi dapat menurunkan risiko katarak sekitar 64 persen.

2. Batasi karbohidrat

Risiko katarak bisa diturunkan dengan membatasi asupan karbohidrat. Sebuah studi dalam Investigative Ophthalmology & Visual Science mebemukan bahwa konsumsi karbohidrat yang tiga kali lipat dapat meningkatkan risiko katarak dibanding yang hanya mengonsumsi di bawah jumlah tersebut.

3. Minum teh

Teh hijau maupun teh hitam mampu meningkatkan penglihatan. Studi dari Journal of Africultural and Food Chemistry menemukan bahwa kedua jenis teh tersebut dapat menghambat perkembangan diabetes yang berkaitan dengan katarak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya