Membaca Pesan Positif Mampu Turunkan Rasa Cemas

Ilustrasi stres.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Menurut sebuah studi, membaca pesan positif mampu memicu rasa tenang sebelum tampil di depan publik. Artinya, metode tersebut dapat dijadikan salah satu terapi untuk mengatasi rasa cemas saat akan berhadapan dengan banyak orang.

5 Tips Nyatakan Cinta bagi Pria, Hindari Penolakan dan Dapatkan Jawaban 'Ya'

Demikian hasil sebuah studi yang dimuat jurnal PLOS ONE,  seperti yang dikutip Medical Daily. Riset itu menganalisa lebih dari 300 mahasiswa. Para partisipan diberikan pesan bernada positif dan negatif sebagai perbandingan.

Yang mendapatkan pesan positif, terbukti dapat menurunkan rasa cemasnya sebelum tampil di depan khalayak ramai meskipun sebelumnya juga menampakkan kecemasan namun semuanya tetap berjalan lancar.

Buat Diri Lebih Tenang, Atasi Stres dengan 4 Tips Sederhana Ini

Sedangkan partisipan yang membaca pesan negatif, seperti dilansir dari laman Medical Daily, merasakan kecemasan lebih tinggi.

Ketakutan untuk berbicara di depan publik, menjadi ketakutan yang paling sering terjadi. Untuk itu, cara ini bisa menjadi salah satu hal agar meringankan rasa cemas saat harus tampil di depan orang banyak.

Mpok Alpa Hamil Anak Kembar, Sempat Kena Mental Saat Syuting

"Salah satu tujuan kami menggunakan metode ini yaitu meningkatkan kepercayaan diri para remaja pria dan wanita," ujar ketua tim studi, Ben Jackson.

Selain membaca pesan positif, beberapa cara lain juga ampuh untuk menurunkan cemas seperti memiliki visualisasi kesuksesan diri, dan rutin mempraktekkannya. (ren)

Ilustrasi nge-Gym

5 Fakta Penting tentang Gym untuk Kesehatan Tubuh hingga Kehidupan Seksual

Saat ini semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan salah satu cara yang populer adalah dengan berolahraga di gym. Berikut fakta-faktanya

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024