Trik Tingkatkan Mood saat Menstruasi

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pexels/Unsplash

VIVA.co.id – Ketika siklus menstruasi tiba, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh perempuan. Hal paling menonjol dan terlihat yaitu perubahan suasana hati, bahkan kesulitan mengontrol emosi.

Populasi Perempuan yang Alami Menopause Diperkirakan Meningkat

Tubuh yang mengalami menstruasi, beberapa hari sebelumnya akan mengalami penurunan hormon estrogen. Padahal, hormon estrogen sangat berguna dalam membentuk perasaan senang pada tubuh.

"Hormon estrogen berguna membuat jadi lebih senang. Pra-mens sampai mens dua hari, banyak perubahan. Estrogen jadi drop sehingga membuat rasa happy menurun, emosi naik turun, nangis tersedu-sedu, dan cepat tersinggung," ujar psikolog Elizabeth Santosa, kepada VIVA.co.id beberapa hari lalu.

Keluar Haid Jelang Berbuka Batalkah Puasanya? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat

Perubahan emosi tersebut, cenderung membuat kaum wanita merasa kurang diperhatikan sehingga menjadi lebih sensitif dan cepat tersinggung kepada lingkungan sekitar. Karena itu, Lizzy, sapaan akrabnya, menyarankan cara tepat agar mampu mengontrol emosi yaitu dengan komunikasi baik dengan orang terdekat.

"Saat mens, berikan pemahaman pada orang sekitar bahwa badan kita itu lebih cepat capek dan sensitif. Jadi bukan minta dikasihani tapi minta orang terdekat untuk mengerti kondisi kita melalui komunikasi yang baik," lanjut Lizzy.

Kiky Saputri Idap Kista Ovarium, Kenali Gejalanya!

Untuk mampu memberikan komunikasi baik, kaum wanita harus bisa mengontrol emosinya. Salah satu cara tepat dalam mengontrol emosinya yakni dengan meningkatkan rasa nyaman.

"Rasa nyaman harus bisa dicapai oleh kaum wanita, terlebih saat mens, agar segala aktivitas bisa dilakukan dengan baik. Cara mencapai rasa nyaman yaitu dengan adanya pola hidup sehat melalui makanan dan aktif bergerak," kata dia.

Ilustrasi vagina

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Memang aroma vagina setiap orang itu berbeda-beda hal ini dipengaruhi oleh siklus menstruasi, hormon, hingga flora pada vagina wanita.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024