Waspada Kadar Gula Tinggi Dalam Makanan Sehat

Ilustrasi gula.
Sumber :
  • Pixabay/moritz320

VIVA.co.id – Asupan gula di tubuh sudah seharusnya dibatasi per harinya. Namun, seringkali banyak yang tidak menyadari makanan sehat sekalipun, mengandung gula yang berlebihan.

6 Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Mengurangi Konsumsi Gula

Banyak yang berpikir bahwa makanan yang mengandung gula tinggi hanya pada nasi putih. Tapi, siapa sangka, roti memiliki kandungan gula yang tersembunyi dan bahkan lebih banyak dari nasi.

Sebab, seringkali, banyak produsen roti yang menambahkan pengawet serta gula tambahan agar rasanya menjadi lebih nikmat. Selain roti, salad juga cenderung disalahartikan menjadi makanan sehat untuk dikonsumsi.

Glukosa Berlebih Jadi Pemicu Stunting di Indonesia

Dilansir Mediacal Daily, Meski sayurannya termasuk sehat, saus saladnya memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Siasati dengan membuat salad sendiri serta saus yang hanya terdiri dari minyak zaitun dan vinegar.

Sama halnya dengan saus tomat yang sering menjadi bumbu pasta, mengandung cukup banyak gula tambahan. Usahakan hindari membuat pasta dengan saus tomat yang dibeli. Cukup membuatnya dengan cara sehat yakni dari tomat segar yang kemudian ditumbuk.

Mayoritas Yogurt di Pasaran Mengandung Kadar Gula yang Tinggi

Makanan lainnya yang mengandung gula tinggi yaitu greek yoghurt. Meski yoghurtnya sehat, namun buah yang menjadi pemanis dan toppingnya mencakup gula berlebih. Siasati dengan membeli yoghurt plain dan membuat topping sendiri dengan buah segar dan sehat.

Selain itu, buah kering dan selai kacang juga mengandung cukup banyak gula berlebihan jika dikonsumsi tubuh. Usahakan untuk melihat label di kemasan sebelum membelinya. (mus)

Zaidul Akbar

Zaidul Akbar Ungkap Bahaya Makan Nasi Goreng, Begini Pangkas Gula Tinggi di Makanan

Dari seporsi nasi goreng dan lauknya itu, menurut Zaidul Akbar, sudah dipenuhi dengan asupan tinggi gula. Bila tak dibatasi, maka tubuh dapat kelebihan asupan gula.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2023