Daftar Makanan Wajib Konsumsi Selama Bulan Puasa

Berdoa sebelum berbuka puasa.
Sumber :
  • REUTERS/Ina Fassbender

VIVA.co.id – Saat berpuasa, penting untuk menghindari makanan yang tidak sehat dan perbanyak konsumsi makanan yang kaya nutrisi. Mengapa? Karena apa yang Anda makan memengaruhi kadar cadangan energi untuk menjalani puasa selama berjam-jam. 

5 Makanan Tertua di Dunia Usianya Ribuan Tahun, Berani Coba?

"Saat Ramadan, pola makan berubah karena kita hanya makan saat sahur dan berbuka. Konsumsi makanan bergizi penting diperhatikan saat berpuasa," ujar Rahma Ali, Clinical Dietitian dari Burjeel Hospital Abu Dhabi. 

"Penting untuk mengonsumsi makanan dengan kadar Indeks Glikemik (GI) yang rendah, baik sahur dan berbuka. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang dengan menyertakan sayuran, sereal, daging, olahan susu, dan buah,” dia menambahkan.

5 Makanan Ini Wajib Dihindari Penderita Maag

Agar semakin membuat tubuh sehat dan bugar, berikut makanan yang sebaiknya dikonsumsi selama Ramadan, seperti dilansir dari laman Popsugar, Sabtu, 3 Juni 2017.

- Konsumsi lah makanan kaya protein, misalnya telur, karena selain kaya nutrisi, telur dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Jangan lupa pula mengonsumsi makanan kaya serat seperti sereal gandum saat sahur.

4 Makanan Terbaik Penghilang Lemak, Ternyata Enak-enak Semua!

Tak hanya lambat dicerna, serat juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, sehingga Anda tidak akan merasa kekurangan tenaga saat berpuasa.

- Untuk minuman, cobalah mengonsumsi olahan buah, misalnya membuat smoothie, atau smoothie dicampur dengan yoghurt atau susu dengan madu, agar asupan kalsium dan vitamin selama Ramadan menjadi lebih maksimal. 

- Jangan lupa konsumsi buah di antara waktu berbuka dan sahur. Jika ingin tetap terhidrasi, perbanyak konsumsi sayur yang mengandung banyak air, seperti mentimun dan selada.

- Terakhir dan yang paling populer adalah kurma. Buah ini sangat kaya kalium dan dapat dengan cepat mengganti cadangan energi yang habis selama berpuasa. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya