Kenali, Bercak Putih Pada Lidah Penyebab Bau Mulut

Difteri bisa dicek dari kondisi rongga mulut
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Selama ini kebersihan mulut selalu difokuskan pada gigi, padahal gigi hanya sebagian dari jaring keras dalam mulut. Di dalam mulut juga terdapat jaringan lunak seperti gusi dan lidah yang juga harus dijaga kebersihannya.

Lukisan Mahal Ini Dibuat Menggunakan Lidah

"Kalau kita minum kopi atau susu, terus kita berkaca, ada putih-putih di lidah itu adalah bakteri yang menempel," ujar drg. Adji Dara Vania, CEO HaiDokter.com, kepada VIVA.co.id.

Itulah sebabnya, ketika menyikat gigi kita juga diwajibkan untuk membersihkan lidah. Bisa dengan menggunakan bulu sikat gigi atau alat pembersih lidah lainnya.

5 Cara Praktis Atasi Lidah Terbakar

Selain kebersihan mulut termasuk di dalamnya gigi dan lidah, penyebab bau mulut juga bisa disebabkan karena penyakit kronis dan kondisi kesehatan gigi. Misalnya, ada gigi bolong yang dibiarkan hingga keropos sehingga menyebabkan bau tak sedap.

"Cek juga ke dokter gigi, kalau lubangnya masih kecil bisa ditambal dan itu tidak sakit. Tapi, kalau sudah sampai ke jaringan saraf, terbuka, kuman sudah semakin masuk dan menyebabkan penumpukan sehingga menimbulkan bau mulut," lanjut Dara.

Jenis Penyakit yang Bisa Dideteksi Lewat Lidah

Selain kondisi kesehatan gigi yang harus rutin dijaga, hindari juga konsumsi makanan yang berbau menyengat seperti bawang agar terhindar dari bau mulut. Sikat gigi dua kali sehari, gunakan obat kumur jika perlu, dan lakukan flossing.

Metode pernapasan 4-7-8

Sentuh Langit-langit Mulut dengan Lidah, Rasakan Manfaatnya

Obat penenang alami untuk sistem saraf.

img_title
VIVA.co.id
2 Desember 2017