Bunda, Perhatikan Asupan Gizi Si Kecil Saat Belajar Berpuasa

Ilustrasi anak.
Sumber :
  • Pixabay/ Skitterphoto

VIVA.co.id – Berpuasa tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja, tak sedikit anak-anak yang berminat atau diajarkan berpuasa oleh orangtua. Lalu, apakah ada aturan khusus agar asupan gizi si kecil tetap terjaga selama puasa?

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

Menurut Health and Nutrition Educator Nutrifood, Moch. Aldis Ruslialdi, sebenarnya tidak ada panduan khusus bagi anak-anak yang sedang belajar dan membiasakan diri untuk berpuasa. Pola makan sehat yang diterapkan sama saja seperti biasa.

"Kalau anak-anak bukan lebih ke nutrisi, cuma lebih ke cara atau pendekatannya, karena anak-anak secara emosional belum seimbang," ujar Aldis kepada VIVA.co.id, baru-baru ini.

Catat Moms, Ini Trik Si Kecil Aman Bermain di Tengah Suhu Panas Ekstrem

Hanya saja, kata Aldis, untuk mereka yang baru belajar berpuasa sebaiknya mengonsumsi susu di sore atau malam hari. Ini perlu untuk memaksimalkan asupan gizi dan mineral lain yang dibutuhkan buah hati.

"Untuk anak yang baru belajar puasa bisa diantisipasi dengan diberi susu waktu sore atau malam hari untuk penuhi asupan vitamin dan mineral saat puasa," kata dia.

Benjol di Kepala Anak, Perhatikan! Ini yang Harus Orang Tua Lakukan
Ilustrasi anak-anak .

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Dalam masa golden age itu, terjadi juga perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, serta ekspresi emosi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024